Navigation

Bupati Resmikan Jalan Mayung-gandol




Dalam Pemerintahan Daerah yang Otonomi seperti sekarang ini peningkatan palayanan dan peningkatan kesehjahteraan masyarakat telah menjadi suatu keharusan dan kewajiban dari pemerintah daerah tersebut. Salah satu sarana prasarana yang sangat penting bagi masyarakat adalah pembangunan jalan. Jalan merupakan sarana yang sangat strategis bagi masyarakat terutama di dalam mendukung mobilisasi barang dan jasa.
Pemerintah Kabupaten Kuningan mempunyai komitmen yang sangat tinggi terhadap pengadaan sarana jalan terutama jalan di pedesaan, Bukan hanya pemerintah saja yang aktif tetapi dalam hal ini pemerintah kabupaten Kuningan mengajak masyarakat untuk bersama sama membangun dan memelihara sarana jalan hal tersebut dicanangkan dalam Program PJBM yaitu pola kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam membangun jalan dan jembatatan. Sejak digulirkannya pada tahun 2004 Program PJBM ini telah berhasil memperbaiki 708,90 Kilometer yang tersebar di 280 desa .
Selain untuk peningkatan prasarana jalan sebagai penunjang berlangsungnya aktivitas kegiatan ekonomi karakyatan agar selalu tumbuh dan berkembang PJBM juga bertujuan untuk memberdayakan dan mendorong peran serta masyarakat di dalam pembangunan.
Salah satu keberhasilan program PJBM tergambar di Desa Dukuhpicung Kecamatan Luragung. Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda didampingi kepala Dinas Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan Drs. Kukuh Taufikul Malik, MM, dan Camat Luragung berkesempatan meresmikan Jalan Hasil program PJBM dimana jalan tersebut menghubungkaan Dusun Mayung dengan dusun Gandol yang ada di desa DukuhPicung. Selain itu juga jalan tersebut menjadi jalan penghubung antar desa yaitu desa DukuhPicung dengan desa Ciwaru dan juga menghubungkan dengan desa Garahaji.
Jalan yang diresmikan tersebut mempunyai panjang 1.850 meter dengan jembatan sebanyak 1 buah dan gorong-gorong sebanyak 7 buah dimana untuk pengerjaan jalan ini dibantu dari pemerintah Kabupaten Kuningan berupa aspal sebanayak 54 drum, semen sebanyak 765 Zak serta besi sebanyak 301 batang untuk pembuatan 7 buah gorong-gorong plat beton dan 1 buah jembatan sedangkan untuk pengerjaan dilakukan oleh masyakat.

Kapala desa Dukuhpicung H.T Maktubudin mengungkapkan rasa terima kasihnya Pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap pembangunan jalan di desa Dukuhpicung tersebut, sehingga kini desanya tidak lagi menjadi desa buntu , selain itu juga dengan adanya jalan ini masyarakat akan semakin mudah untuk bepergian ke desa disekitar Dukuhpicung, selain itu juga masyarakay akan semakin mudah membawa hasil pertanian untuk dijual.


Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannnya mengungkapkan rasa bangganya terhadap masyarakat Dukuhpicung yang telah mampu membangun jalan , hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat desa Dukuhpicung pada khususnya dan masyarakat kuningan pada umumnya mempunyai semangat gotong royong yang sangat tinggi dan kepedulian terhadap pembangunan didaerahnya. Bupati Kuningan Juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarat yang telah menyumbangkan tenaga, pemikiran dan dana demi terwujudnya jalan tersebut, selain itu juga beliau berpesan agar masyarakat juga hanya mampu membangun tetapi juga harus mampu memelihara agar nantinya umur jalan ini bisa berlangsung dalam jangka panjang sehingga mamfaatnya juga akan terasa lebih lama lagi.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: