Navigation

KABUPATEN KUNINGAN RINTIS KERJASAMA ANTAR DAERAH PERBATASAN



Kabupaten Kuningan yang secara langsung berbatasan dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang strategis untuk menjalin kerjasama baik bidang Ekonomi, Insfrastruktur, keamanan, social kemasyarakatan dll. Untuk itu kemarin selasa 27/10/09 mengundang para pejabat Ketua Bappeda dan Assisten Pemerintahan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan diantaranya, Kab/Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Adapun tujuan mengundang para pejabat tersebut adalah untuk membahas kerjasama antar daerah yang tentunya akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

berdasarkan pasal 195 ayat (1) undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, menyebutkan bahwa "dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerja sama dengan daerah lain yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan". beranjak dari dasar tersebut, dan memperhatikan potensi daerah, kiranya perlu dilakukan kerjasama antar daerah di kabupaten kuningan. sesuai dengan tata cara kerjasama sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2007 jo. permendagri nomor 22 tahun 2009,, perlu dibangun kesepakatan antar daerah mengenai bentuk, objek, maupun manfaat kerjasama bagi daerah masing-masing. sehubungan hal tersebut, pemerintah kabupaten kuningan berinisiatif untuk membangun kerjasama dengan daerah yang berbatasan langsung dengan kabupaten kuningan guna mengatasi permasalahan yang mungkin belum tergali di wilayah perbatasan, terutama yang terkait dengan masalah infrastruktur, perencanaan pembangunan, maupun pelayanan publik, jelas Bambang T. Margono Assisten Pemerintahan Setda Kabupaten Kuningan.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mengatakan maksud dari pada Kabupaten Kuningan dalam kerjasama ini adalah sebagai jalinan silaturahmi antar daerah, karena dengan silaturahmi tentunya akan tercipta suatu komunikasi dan sharing antar daerah dalam rangka menciptakan kehidupan social masyarakat yang madani di daerah masing-masing. Bupati juga berharap silaturahmi ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja, kedepan tentunya kami Pemerintah Kabupaten Kuningan dapat berkunjung ke kabupaten yang lain khususnya Kabupaten Brebes dan Cilacap Jawa Tengah dalam rangka kita menggali potensi daerah masing-masing dan tidak menutup kemungkinan kedepan kita dapat merencanakan akses masuk dari Kuningan ke jawa tengah dengan melalui Kecamatan Cibingbin dapat terbuka lebih luas lagi sebagai masuknya akses ekonomi antara jawa Barat dan Jawa Tengah.

terkadang kita kurang memperhatikan wilayah perbatasan yang berada jauh dari pusat pemerintahan, padahal mereka merupakan bagian dari daerah kita yang perlu mendapat perhatian dalam pembangunan. selain itu, masyarakat di wilayah perbatasan biasanya saling berinteraksi dalam kehidupan sosial maupun ekonomi, tetapi fasilitas publik di wilayah tersebut kurang mendukung, sehingga. berakibat kepada rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat dilihat dari indeks pembangunan manusia (ipm). mengatasi permasalahan tersebut, kiranya perlu dilakukan terobosan dan inovasi kebijakan dari masing-masing daerah terhadap wilayah di perbatasan, terutama yang terkait dengan pelayanan lintas sektor maupun wilayah. hal ini dimaksudkan agar masing-masing daerah tidak saling menunggu, mengandalkan maupun menyalahkan daerah lain apabila pembangunan di wilayah perbatasan hasilnya tidak optimal. menurut saya, terobosan kebijakan tersebut adalah dengan melakukan kerjasama antar daerah, terutama terkait dengan pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan maupun harmonisasi perencanaan pembangunan antar daerah. Jelas Bupati Aang dalam sambutannya.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

2 comments:

  1. Saya sangat mendukung kerjasama wilayah perbatasan ini. Ditunggu realisasinya..

    BalasHapus
  2. Semoga kerjasama yang dirintis oleh Kab. Kuningan bermanfaat bagi masyarakat, terutama di perbatasan yang biasanya tertinggal.

    BalasHapus