Navigation

"KUNINGAN CAR FREE DAY" Ribuan Masyarakat Turun ke Jalan





Ribuan masyarakat Kuningan dan Gubernur Jawa Barat DR. H. Ahmad Heriawan, Lc. didampingi Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda turun ke jalan. Dengan berjalan kaki mulai Bundaran Cijoho hingga Taman Kota. Setiap ruas jalan begitu tampak masyarakat begembira ria menuangkan waktunya untuk berolahraga, bercekrama antar keluarga dan menyaksikan berbagai pagelaran dan lainnya. Hal ini terjadi, sebagai hari dimulainya kegiatan bebas kendaraan bermotor (Car Free Day). Yang dicanangkan langsung oleh Gubernur Jabar, berlokasi di Taman Kota, Minggu (15/11). Dan selanjutnya akan berlangsung setiap hari minggu.
Tampak hadir juga Kepala Badan Koordinasi Pemrintah dan Pembangunan wilayah III Propinsi Jabar, Wakil Bupati Kuningan, Unsur Muspida, Pimpinan DPRD, Dandim 0615, Wakapolres Kuningan dan lainnya.
Dalam laporannya Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. H. Yayan Sofyan, MM. selaku ketua panitia kegiatan Car Free Day, mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini, salah satu upaya untuk meningkatakan kesadaran masyarakat dan meuwujudakan lingkungan yang bersih dan sehat. Bebas dari sampah dan polusi udara.
"Selain itu, memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk melaksnakan kegiatan sehari-hari, yang berkaitan dengan lingkungan bersih dan sehat melalui olah raga termasuk olah raga tradisional. Dan menjadikan forum silaturahim antara masyarakat dan pemerintahnya,"ungkapnya.
Lebih lanjut Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, menjelaskan untuk mewujudkan Kuningan lebih sejahtera berbasis pertanian dan pariwisata yang maju dalam lingkungan lestari dan agamis 2013. Telah ditetapkan 4 misi salah satunya, meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Kaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan memiliki program prioritas yang telah dan sedang berlangsung, yakni upaya untuk peningkatan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup,berupa rehabilitas lahan kritis, kebun raya, taman kota, pembangunan situ dan program pepeling.
Disamping itu, peningkatan pencegahan atau penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan, penataan ruan gterbuka hijau dalam menjaga kelstarian lingkungan dan peningkatan optimalisasi pendayagunaan sumber daya hutan dan lainnya.
Dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Minggu (30/5) telah dicanangkan pula oleh Pemerintah Propinsi Jabar, untuk menanamkan etika dan membangun perilaku bijak masyarakat terhadap lingkungan, yakni Gerakan Masal Balad Kuring.
Sebagai tindak lanjutnya, Minggu (15/11) Kabupaten Kuningan melaksanakan pencanangan "Kawasan bebas sampah dan kendaraan bermotor (Car Free Day ), yang nantinya kegiatan ini berkelanjutan setiap hari Minggu, mulai jam 06.00 hingga 09. 00 WIB.
Dalam kesempatan ini juga, Bupati Aang melaporkan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kuningan 2009 yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat, yang keberadaan fisiknya mencapai sekitar 95 %, diantaranya peningkatan jalan 5 paket, Rehabilitas jalan dan jembatan 5 paket, dan pemeliharaan jalan 8 paket yang semuanya menghabiskan biaya sebesar Rp. 3.953.653.6000
Menurut Gubernur Jabar DR. Ahmad Heriawan, pelaksanaan kegiatan Car Free Day di Kabupaten Kuningan ini berjalan dengan baik. Hal ini menunjukan pemerintah daerah dan masyarakatnya bersatu, terutama akan pedulinya lingkungan dan kesehatan. Ini merupakan contoh untuk kabupaten lainnya, supaya bisa menyediakan lingkungan terbuka.
"Bukan hanya itu, namun kegiatan ini juga menjadi media silturahim antar warga, sekaligus penyeimbang atas kemajuan teknologi yang dapat mempengaruhi kehidupan bermasyarakat karena saat ini interaksinya menggunakan dunia maya atau internet. Sehingga akan menjadikan masyarakat yang autis atau tidak mau berbaur dengan masyarakat yang ada,"jelasnya.
Gubernu Jabar mengungkapkna, bahwa Kabupaten Kuningan merupakan Kabupaten yang paling hijau diantara kabupaten yang ada di Jabar. Hal ini didukung dengan mengalirnya air yang bersih, udara yang sejuk. Semua itu berawal dari konsennya Kab. Kuningan akan lingkungan yang lestari.
Ditambahkannya, Mun Leueweung ruksak, cai saat, rakyat blangsat. untuk mengantasipasi hal ini Kabupaten telah menggulirkan beberapa kegiatan unggulan peduli lingkungan. Lingkungan yang sehat sangat berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat.
Setelah pencanangan Gubernur Jabar beserta rombongan, melanjutkan peninjuaan jalan lingkar Waduk Darma sekaligus melakukan penananman pohon kenari disepanjang jalan dan pelepasan bebagai jenis burung. (*)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: