Navigation

SOSIALISASI PNPM MANDIRI PEDESAAN



Pada hari rabu tanggal 18 Nopember 2009 Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD ) Kabupaten Kuningan menyelengarakan Semiloka Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ( PNPM ) bertempat di Meeting Room Lembah Ciremai (LC) Restaurant, yang diikuti oleh Ketua dan Wakil Ketua Komisi A DPRD serta anggota, Camat , perwakilan SOPD, LSM, Ormas serta Para Pelaku PNPM.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin pedesaan dengan mendorong kemandirian dalam mengambil keputusan dan pengelolaan pembangunan demikian dijelaskan H. Durachman, MM; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
Lebih lanjut Durachman mengatakan meningkatnya derajat kesehatan Ibu dan Anak – anak balita,meningkatnya pendidikan anak usia sekolah hingga tamat Sekolah Dasar ( SD/MI ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP/MTs ).
Sumber Dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan dan Generasi Sehat dan Cerdas dari APBN,APBD dan Swadaya Masyarakat. Realisasi Dana TA 2008 Untuk PNPM mandiri Pedesaan (PPK) berjumlah Rp1.350.000.000,-dengan lokasi satu kecamatan dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas berjumlah Rp.25.100.000.000,- dengan lokasi 20 Kecamatan,telah disalurkan seluruhnya melalui Rekening kolektif di UPK masing-masing kecamatan pada pertengahan Desember 2008.
Adapun Jenis kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Generasi Sehat dan Cerdas di Kabupaten Kuningan Bidang Kesehatan jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp 11.719.924.749,- dengan rincian kegiatan Pemeriksaan Ibu Hamil yang menjadi sasaran/pemanfaat oleh Bidan atau Dokter minimal 4 kali selama masa kehamilannya,Pemberian Pil Fe (Penambah darah) minimal 90 butir selama masa kehamilan,Pemberian makanan tambahan(PMT) bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui,Membiayai proses persalinan/kelahiran bagi sasaran pemanfaat yang ditangani oleh Bidan atau Dokter,Perawatan Ibu setelah melahirkan / nifas dan bayinya oleh Bidan atau Dokter minimal 2 kali perawatan dalam waktu 40 hari setelah proses kelahiran,
Pemberian Vitamin penambah Nafsu makan untuk balita,Pemberian makanan tambahan (PMT) anak balita terutama yang dibawah Garis Merah dengan susu,bubur kacang hijau,biskuit,dan lain-lain,Pembangunan gedung Posyandu 28 buah,Pembangunan Gedung Polindes 1 buah, Rumah Bides - Polindes 1 buah,Pembangunan Gedung Poskesdes 10 buah,Alat tulis Posyandu,Pengadaan perlengkapan Posyandu,Polindes dan Poskesdes, Insentif kades Posyandu.
Bidang Pendidikan jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp.12.132.494.882,- dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Seragam, sepatu dan tas sekolah, Lembar Kerja Siswa (LKS), Transportasi untuk anak SMP/ MTs, Alat tulis sekolah, Sepeda untuk anak SMP/ MTs sebanyak 16 Unit, Pembangunan tambahan lokal SD 1 unit, Pembelian Kursi roda 2 unit dan Insentif Guru sukwan.
Jenis Kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan di Kabupaten Kuningan sebagai berikut Simpan pinjam Rp.282.850.000,-,Sarana Prasana Rp.986.744.800,- dan kegiatannya. Pembangunan Pelimpas 7 unit, Gorong-gorong Bis 4 unit, Jembatan Beton 3 unit, Sumur Bor 1 unit, Bak penampung air 8 Unit, Jalan Beton tanjakan 2 unit Tanggul penahan banjir 2 unit.
Rencana lokasi dan alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM ) Tahun anggaran 2009 sebesar Rp.39.700.000.000,- yang akan dialokasikan kepada 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten kuningan.
Tampil sebagai pemberi materi pada semiloka Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) adalah Wakil Bupati Kuningan Drs.H Momon Rochmana MM, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs.H.Duchraman.MM,Kepala Inspektorat Drs. H. Maman Suparman. MM, serta tiga orang konsultan kabupaten.Pepy Permadi,Ahmadi dan Yuti bergerak di bidang Pemberdayaan Teknis dan Keuangan.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: