Navigation

Bupati Panen Raya ikan di Darma



Waduk Darma Selain terkenal sebagai tempat wisata juga mempunyai potensi usaha yang sangat besar, salah satu usaha yang yang sedang berkembang adalah Budidaya Jaring Apung yang digeluti oleh masyarakat sekitar.
Budidaya jaring apung yang banyak terdapat di Waduk Darma tersebut merupakan Potensi yang sangat besar dan sudah menjadi mata pencaharian penduduk sekitar terutama di Desa Jagara Kecamatan Darma. Hal tersebut mengundang perhatian Bupati Kuningan untuk berkunjung ke Desa Jagara dan melakukan Panen Raya Ikan di Jaring Apung.
Bupati Kuningan H.Aang Hamid Suganda yang hadir didampingi oleh Dandim 0615, Kadis Tata Ruang dan Cipta Karya, Kadis Pertanian, Peternakan, dan perikanan ikut turun ke jaring terapung yang terletak di tengah waduk Darma  untuk memanen Ikan.
Dadang Sunandar selaku ketua kelompok Jaring apung Mina Mulya mengungkapkan bahwa panen ikan sekarang ini merupakan hasil penebaran benih pada bulan Januari yang berjumlah sekitar 400.000 ekor dengan ukuran 3-5 cm yang diperoleh dari bantuan selisih harga benih ikan (BSHBI) yang dibudidayakan oleh kelompok mina mulya dan diharapakan hasilnya pada saat ini akan mencapai 60 ton. Sedangkan pada saat ini pihaknya yaitu kelompok Tani Jaring Terapung Minamulya menghadapi beberapa kendala dimana kendala terbesar adalah pakan ternak atau pakan ikan, selain itu juga wabah penyakit yang menyerang ikan dan masalah lain yang dihadapi yaitu persaingan harga yang diakibatkan adanya ikan dari luar Kuningan yang harga jualnya lebih murah. Untuk kelompok petani jaring Apung  Mina Mulya, Dadang Sunandar menjelaskan bahwa anggotanya  sekarang sudah mencapai 49 orang
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menyambut baik pelaksanaan panen ikan di Jaring terapung tersebut beliau mengungkapkan bahwa kabupaten Kuningan masih Kekurangan dalam pengadaa ikan air tawar sehingga masih mendatangkan dari luar daerah, beliau mengungkapkan sebuah data yang menyebutkan bahwa kebutuhan konsumsi ikan  masyarakat berdasarkan norma gizi yang telah ditatapkan adalah sebesar 26,5KG/kapita/tahun yang setara dengan kurang lebih 22.000 ton ikan pertahunnya, sedangkan konsumsi ikan di kabupaten Kuningan pada tahun 2008 mencapai 19,3 Kg/kapita/tahun sehingga kekurangannya masih sangat besar yangmerupakan peluang bagi kita untuk mengembangkan usaha perikanan. Di akhir sambutannya Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda berpesan  untuk tetap memelihara dan melestarikan lingkungan dan untuk para petani jaring terapung beliau berpesan untuk menjaga dan merawat kelestarian Waduk Darma, sehingga kelestarian Waduk Darma tetap terjaga dan tetap bisa dijadikan tempat untuk sumber air, tempat  wisata dan usaha jaring apung seperti sekarang ini. 

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: