Navigation

KPU DITUNTUT LAKUKAN PERBAIKAN



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan yang sedianya merupakan penyelenggara pelaksanaan pemilu dituntut untuk melakukan perbaikan serta dinamisasi peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaan pemilu itu sendiri.
Penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2009 mengalami beberapa perubahan yang fundamental dalam hal sistematika, prosedur dan teknis pelaksanaan sehingga diperlukan adanya evaluasi agar pada penyelenggaraan Pemilihan Umum dimasa yang akan datang dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Atas landasan hal itu lah KPU Kabupaten Kuningan berinisiatif untuk mengadakan acara seminar sehari mengenai evaluasi dan proyeksi pemilu mendatang, bertempat di Rumah Makan Lembah Ciremai (LC), Selasa (15/12).
Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kunintgan Drs. H. Momon Rochmana, MM,Ketua KPU Kabupaten Kuningan Endun Abdul Haq M.Pd, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.Ip.,M.Si., Direktur Eksekutif Pusat Reformasi Pemilu /CENTRO Jakarta Hadar Navis Gumay, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Para pimpinan Ormas, Partai, LSM, Partai, Dinas dan Instansi terkait, Pimpinan Ponpes dan Yayasan, KPU Kabupaten/Kota se-Jabar, Camat se-Kabupaten Kuningan beserta undangan lainnya.
“Perkembangan aktual Pemilihan Umum pada tahun 2009 serta adanya beberapa perubahan regulasi – regulasi seperti contohnya Penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) beberapa hari sebelum pemilihan umum menjadi suatu bentuk perubahan yang perlu diantisipasi supaya tidak menimbulkan permasalahan di masyarakat.” Ungkap Endun selaku ketua penyelenggara sekaligus ketua KPU Kabupaten Kuningan.
Menurutnya, seminar ini diharapkan dapat menjadi bekal informasi terutama bagi para pelaku dalam melakukan evaluasi untuk persiapan penyelenggaraan pemilihan umum mendatang, KPU seluruh Indonesia tetap melakukan kegiatan – kegiatan terkait agenda pasca pemilu.
Lebih lanjut Ia mengatakan kedepan jajarannya akan melakukan kegiatan sosialisasi pemilihan umum dengan melalukan politic education dengan turun ke Kecamatan atau sekolah – sekolah.
Senada dengan yang disampaikan Endun, Wakil bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, berharap agar seminar evaluasi ini dapat dijadikan solusi bagi para pelaku penyelenggara Pemilihan Umum khususnya KPU Kabupaten Kuningan untuk dapat mengatasi serta meminimalisasi segala bentuk permasalahan yang timbul diakibatkan adanya perubahan – perubahan regulasi.
Menurutnya, pasca penyelenggaraan Pemilu 2009 salah satu proses penting yang harus dilakukan adalah evaluasi sekaligus memproyeksikan penyelenggaraan pemilu yang akan datang.
Ia berpesan agar KPU beserta seluruh jajarannya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam upaya mensinergikan kegiatan atau program terutama sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat, serta kepada para pimpinan parpol untuk melakukan perbaikan terutama mengawal proses demokrasi ini dengan santun, tertib dan demokratis. Tutupnya.(b)        

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: