Navigation

Program Desa Siaga Tergantung Bidan Desa



Sebagai  upaya memantapkan  pengurus Ikatan Bidan Indonesia  (IBI) cabang Kuningan untuk menjadi organisasi profesi handal. Rabu (30/12) dilakukan Muscab XIV yang diikuti oleh 500 peserta. dibuka oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda ditandai dengan pemukulan Goong, bertempat di Wisma Permata.
Dalam Kesempatan itu, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, menyampaikan selamat melaksanakan muscab kepada IBI  Kuningan, dengan harapan IBI  Cabang Kuningan akan semakin lebih eksis dan komitmen terhadap profesinya.
Dikatakannya,  IBI  merupakan mitra kerja pemerintah dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam bidang kesehatan ibu, anak dan kesehatan reproduksi. Keberadaan IBI sangat strategis dan merupakan organisasi profesi kesehatan yang senantiasa diperhitungkan dalam pelaksanaan tugas pembangunan di daerah.
“Untuk  itu dalam  perjalanannya agar  visi dan  misi IBI ini dapat  disesuikan juga dengan visi-misi pemerintah  daerah. Sehingga akan  terjadi kerjasama,” katanya.
Dijelasaknnya, visi pembangunan kesehatan,  yaitu Indonesia sehat 2010  yang menggambarkan bahwa Indonesia hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih & sehat, serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata sehingga memiliki derajat kesehatan yang setinggi­tingginya.
Untuk itu bidan sebagai motor penggerak yang memberikan pelayanan kesehatan terdepan di masyarakat dalam membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) harus menjunjung tinggi profesionalisme, sehingga  IMP  80 tahun 2010 terwujud.
Bupati Aang juga berpesan, para bidan agar dapat melaksanakan tugas profesinya, untuk                               mengoptimalkan keberadaan desa siaga karena keberhasilan program desa siaga ada pada pundak para bidan khususnya bidan di desa.
Sementara Ketua PC IBI Kabupaten Kuningan, mengharapkan melalui Muscab ini akan melahirkan  beberapa tujuan penting  bagi organisasi, meliputi evaluasi dan pertanggungjawaban pengurus 2003-2008. rencana program kerja, terpilihnya pengurus periode  2008-2013.
Selain itu, dapat melahirkan keputusan-keputusan startegis yang berhubungan dengan peningkatan pembangunan organisasi dan kesehatan pada umumnya. Sehingga kedepan IBI semakin berkembang.
Dia juga berpesan para anggota dapat  menyuarakan kepentingan dan dan aspirasi anggota secara keseluruhan. Untuk memajukan  profesi  bidan serta kesejahteraan anggota menuju kepada kesejahteraan  kaum perempuan sebagai mitra bidan.
Dalam laporannya ketua panitia, memaparkan tujuan Muscab XIV ini, sebagai  upaya memantapkan  pengurus IBI Kuningan sebagai  upaya organisasi profesi handal. Dengan thema Komitmen bidan untuk kesejahteraan perempuan dan bayi baru lahir. (*).



Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: