Navigation

Lahan kritis di Cieurih di Tanami


Kegiatan One Man One Tree masih terasa gaungnya sampai saat ini. One man one tree merupakan suatu program penghijauan lingkungan dengan melibatkan masyarakat untuk ikut serta menamam dan memelihara tanaman yang telah ditanam, kegiatan atau program tersebut dilaksanakan terutama di lahan-lahan kritis sehingga lahaj tersebut menjadi di hijau kembali.

Bertempat di desa Cieurih kecamatan  Cidahu, Senin (11/1) Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Drs Nandang Sudrajat  berkesempatan menghadiri dan melakukan penanaman pohon jati di lahan kritis yang tepatnya berada di dusun  leuwi keris. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Cidahu, Kabag Humas Setda Kabupaten  Kuningan,  Muspika Kecamatan Cidahu dan para kepala desa se-Kacamatan Cidahu.

Moch. Kamim selaku kepala Desa Cieurih menjelaskan bahwa kegiatan penanaman di dusun Leuwi Keris bekerja sama dengan pihak swasta yaitu dengan PT  Argo Bekasi Fajar sebagai pemilik lahan tetapi walaupun demikian nantinya keuntungan yang dihasilkan dari  penanaman pohon jati tersebut sebanyak 40 %   akan diberikan kepada desa Cieurih. Pada saat ini  di desa cieurih tepatnya di dusun leuwi Keris t telah ditanam sebanyak 8 ribu pohon jati  pada lahan seluas 8 Ha sedangkan  lahan yang belum ditanami sebanyak 13 Ha.

Sambutan Bupati Kuningan yang dibacakan oleh Plt sekda Drs  Nandang Sudrajat  mengajak masyarakat untuk terus mencintai lingkungan, apa lagi  Kabupaten Kuningan merupakan dearah penyangga dan sumber air bagi dearah-daerah di sekitarnya seperti Cirebon seperti desa Cieurih yang langsung berbatasan denga Kabupaten Cirebon sehingga lingkungan  yang hijau dan pepohonan yang rimbun merupakan suatu keharusan untuk tetap menajga ketersediaan air dan mencagah terjadinya lingkungan. Drs nanadang Sudrajat Juga berpesan kepada seluruh warga bahwa kegiatan menanam ini bukan hanya berhenti pada saat selesai menanam tetapi yang lebih penting adalah menjaga dan merawat tanaman tersebut sehingga nantinya menghasilkan dan berguna bagi masyarakat.

Selesai acara menanam di desa Cieurih Plt Sekda berkesempatan meninjau pelaksanaan pengerasan jalan (Betonisasi) di desa Legok kecamatan Cidahu, jalan tersebut merupakan jalan desa sepanjang 450 m dan pengerasan jalan tersebut merupakan bagian dari program PNPM Desa legok.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: