Navigation

Hari Bebas Kendaraan Kurangi Polusi

                                          TOTO SANTOSA/’’PRLM’’
SEORANG anak tengah asyik bermain saat ibunya beserta ratusan warga lainnya mengikuti senam pagi pada program Car Free Day di jalan raya Jln. Siliwangi depan Kantor Bupati Kuningan, Minggu (21/3). Program hari bebas kendaraan bermotor itu, terus dilaksanakan mulai pk 6.00 s.d 9.00 WIB setiap hari Minggu.*

Pikiran Rakyat_Online, Minggu, 21/03/2010 - 15:47
KUNINGAN, (PRLM).- Program Car Free Day (hari bebas kendaraan) dalam upaya mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor di Kab. Kuningan, yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada 15 November 2009 lalu, kini semakin bergairah bahkan ratusan warga setempat setiap Minggu pagi menggelar berbagai atraksi.
Daerah yang dinyatakan bebas kendaraan itu, sepanjang Jln. Siliwangi mulai simpang empat Cijoho, Taman Kota dan di Jln.Veteran. Program car free day tersebut, dilaksanakan setiap hari Minggu mulai pk 6.00 s.d 9.00 WIB. Di sepanjang jalan raya yang bebas kedaraan itu, ratusan warga bebas melakukan berbagai atraksi dan permainan tradisisonal seperti main enggrang (jajangkungan), gatrik, kelom batok, dam-daman yang disuguhkan ratusan siswa mulai SD sampai SMA termasuk masyarakat umum menggelar senam aerobik.
Selama tiga jam, jalan raya yang biasanya sangat padat dengan lalu lintas kendaraan, pada saat itu tak satu pun kendaraan yang diperbolehkan masuk sehingga sepanjang Jln. Siliwangi sampai Jln.Veteran, bebas polusi dari emisi buang yang dikeluarkan kenalpot kendaraan. Acara senam pagi ratusan warga di Kuningan Kota yang biasanya setiap Minggu pagi dilaksanakan di Pendopo Paramarta Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, pada Minggu itu dialihkan ke jalan raya di Jln. Siliwangi depan Kantor Bupati Kuningan.
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Kuningan, Drs. Yudi Nugraha, MPd, mengatakan, Minggu (21/3), menyatakan rasa bersyukur karena kegiatan hari bebas kendaraan yang dikemas dalam program car free day sejak dicanangkan lima bulan lalu, hingga kini terus menggema bahkan lebih meriah dengan diisi berbagai atraksi kegiatan pagi.
Hal sama disampaikan Ketua DPD KNPI Kab.Kuningan, Drs. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Dia menyebutkan, dalam mengisi kegiatan car free day, DPD KNPI juga menyelenggarakan turnamen atau permainan olah raga tradisional seperti: enggrang, dadaluan, bakiak, dll. Acara ini digelar dalam rangka mengingat kembali memori tentang permainan-permainan tempo dulu yang telah habis ditelan zaman. “Adanya moment seperti ini mudah-mudahan permainan tradisional dapat kembali tumbuh dikalangan masyarakat sehingga tidak punah,” katanya. (A-164/A-147)***
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: