Navigation

Kuningan adakan Musrenbang


Musyawarah Renana Pembangunan Daerah  (Musrenbang)Kabupaten Kuningan di laksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Kuningan pada Rabu (3/3). Musrenbang tersebut di hadiri oleh  Bupati Kuningan, dan Muspida Kabupaten Kuningan.

Drs. Nandang Sudrajat selaku ketua penyelenggara Musrenbang RKPD Kabupaten   Kuningan mengungkapkan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten adalah musyawarah Stakeholder kabupaten untuk mematangkan rencana awal RKPD kabupaten berdasarkan Renja-SKPD hasil forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara Rancangan Renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemutkhiran RKPD. Sedangkan tujuan dilaksanakannya Musrenbang SKPD adalah untuk menyusun RKPD tahun 2011 yang komprehensif melalui demokratis, transparan yang akuntabel. Menetapkan arah kebijakan, prioritas pembangunan dn plafon/pagu anggaran berdasarkan fungsi SKPD yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya. Menetapkan rancangan pendanaan untu Alokasi Dana Desa. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi pembangunan yang baik antar daerah, antar ruang , antar waktu antar fungsi pemerintahan maupun antar tingkat pemerintahan. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, keadilan dan berkelanjutan.

Sedangkan untuk peserta Drs. Nandang Sudrajat mengungkapkan bahwa peserta berasal dari  delegasi kecamatan, delegasi dari kelompok masyarakatdi tingkat kabupaten yang berkaitab langsung dengan fungsi SKPD/ gabungan SKPD, lembaga/badan tingkat Kabupaten dan ikatan /asosiasi profesi lainnya, sedangkan untk nara sumber adalah kepala SKPD yang mempunyai keterkaitan fungsi , kepala SKPD Provinsi yang terkait dengan fungsi SKPD kebupaten, Kepala Bappeda, Anggota DPRD dari komisi kerja SKPD kabupaten, LSM yang memeilki bidang kerja sesuai dengan fungsi SKPD dan ahli/profesi baik yang berasal dari kalangan praktisi maupun akademisi.

Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengungkapkan bahwa  pada tahun 2010 kabupaten Kuningan telah melaksanakan beberapa pembengunan  diantaranya adalah : pembangunan pasar dan penataan taman cilimus, pembangunan gedung PD usaha, Peningkatan jalan di beberapa wilayah Kecamatan, melanjutkan pembangunan jalan lingkar Caracas-Panawuan, melanjutkan pembangunan jalan lingkar- Kertawangunan-Kedung Arum, Pembangunan jalan menuju pusat pembibitan di kawasan kebun raya. Pembangunan sub terminal Cilimus dan Rehabilitasi Sub terminal Sadamantra. Bupati  Kuningan juga  mengungkapkan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD sekarang adalah dimaksudkan untuk menentukan program dan kegiatan prioritas tahun 2011 yang akan datang sebagai pendukung tahapan pembangunan tahap 3 yaitu : Ngawangun, Agropolitan Nagronjatkeun Produktivitas dengan Fokus Pada : Peningkatan keterpaduan dan produktivitas pertanian dan pariwisata dalam kerangka Agropolitan. Sedangkan untuk prioritas pembangunan 2011 Bupati Kuningan menyebutkan beberapa Bidang yaitu : Peningkatan Industri Hasil Pertanian, Pengembangan Keparawisataan dan kebudayaan daerah, Pengembangan usaha Mikro, kecil menengahdan koperasi dengan berbasis kemitraan, peningktan kualitas sumber daya masyarakat, peningkatan infrastruktur wilayah, Peningkatan perlindungan sosial berdasarkan nilai religius, Pemantapan Fungsi kawasan lindung kerangka kabupaten Konservasi, Peningkatan Kapasitas pemerintah daerah.

Gubenur Jawa Barat dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris BKPP Wilayah Cirebon H. Sumaryono MM, bahwa pembangunan yang sudah baik dan bermamfaat agi masyarakat harus dilanjutkan dan ditingkatkan sedangkan untuk pembangunan yang masih kurang untuk segera diperbaiki. Gubenur Jabar juga berharap agar Musrenbang Kabupaten Kuningan juga dapat menyelesaikan masalah yang ada dalam melaksanakan pembangunan.  
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: