Navigation

Menteri Dalam Negeri : Jajaran Sat Pol PP Jaga Citra dan Kewibawaan Korps



Upacara kesadaran nasional bulan ini, Rabu, (17/3) bersamaan dengan dilaksanakannya upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Pamong Praja ke-60, bertempat di halaman Setda Kabupaten Kuningan, selaku inspektur upacara Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana, dan peserta upacara teridiri Kodim 0615 Kuningan, Polres Kuningan, Dishub, Linmas, Korpri, Pedagang Kaki Lima,Dharma Wanita. Dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri, yang dibacakan Wakil Bupati Kuningan, mengatakan, peringatan kali ini mengusung tema, Satuan Polisi Pamong Praja siap mengawal dan mensukseskan otonomi daerah, melalui optimalisasi penegakan Perda dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Untuk itu, dia mengharapkan, Anggota Satuan Polisi Pamong Praja dalam menegakan perturan daerah dan keputusan kepala daerah di lapangan hendaknya, memahami, aturan dan bertindak secara profesional. Hal ini sejalan dengan kebijakan yang sedang dibangun oleh pemerintah pusat, yakni bagaimana kita meningkatkan citra, kewibawaan, dan kinerja Sat Pol PP seluruh Indonesia dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Disamping itu, jajaran Sat Pol PP agar dalam menghadapi, mengayomi, dan melayani masyarakat tidak dengan cara yang kasar, misalnya memaksa, mengancam, dan menggunakan kekerasan, tetapi melalui cara-cara persuasive, simpatik dan edukatif. Sehingga sedapat mungkin dihindari “penggunaan kekerasan” yang dapat menimbulkan kontra produktif di masyarakat.

Sebagai upaya peningkatan status kelembagaan Satuan Polisi Pamong Praja, sekarang ini telah lahirkan PP Nomor 6 Tahun 2010 yang menjadikan tonggak bersejarah bagi Jajaran Sat POl PP untuk meningkatkan citra, kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Sehingga dapat menjawab permasalahan tentang klasik yang dihadapi oleh Sat Pol PP.

“Bukan hanya itu, didalam PP 6 Tahun 2010 juga telah mengatur peningkatan kelembagaan Sat Pol PP selama ini dan mendudukan kelembagaan Sat Pol PP provinsi menjadi Eselon II/A dan kabupaten/kota menjadi eselon II/B,”ungkapnya.
Sejalan dengan peningkatan besaran kelembagaan tersebut, tentunya harus diikuti dengan peningkatan kualitas SDM,kinerja, perubahan pola sikap dan pola tindak (Mind Set), serta peningkatan tanggung jawab.

Melalui momentum ini, dia menegasakan agar Jajaran Sat Pol PP dapat meningkatkan tugas dan pengabdian dalam mensukseskan kebijakan pemerintah dan pemerintah dearah. Dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, secara arif dan bijaksana. Lalu meningkatkan motivasi, pengetahuan, keterampilan dan sikap kearah professional, sejalan dengan peningkatan status kelembagaan Sat Pol PP.

“Selain itu, senantiasa menjaga citra dan kewibawaan korps dalam melakukan tugas pokok dan fungsi. Sebagai wujud pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat bangsa dan negara. Tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama dan jajaran pemerintah daerah,”katanya.

Menurut Kasi OP Sat Pol Kuningan, Indra N. Ishak, S.STP, M.Si., untuk memriahkan Hut Pol PP, telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan bhakti sosial dengan menggelar opsih bersama PKL dan masyarakat mulai depan pendopo hingga Taman Kota dan dilakukan donor darah yang diikuti unsur PNS. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: