Navigation

Pembekalan Rohani Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW.



Lingkup Sekretaris Daerah Kab.Kuningan selenggarakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Sebagai upaya untuk meneladani akhlak dan sifat-sifat Nabi Muhammad Saw.  yang mulai. Turut hadir Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana, Unsur Muspida, para Asisten, kepala dinas, instansi, badan, Ketua TP. PKK ,unsur PNS lainnya, serta para wartawan yang meliput di wilayah Kuningan. Maulid kali ini menghadirkan Al-mukaram KH. Dodo Murtado, Lc.Bertempat di Pendopo Setda, Senin (22/3).
 Dalam kesempatan itu, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, mengatakan, kegiatan ini sangat positif sebagai pembekalan rohani dan penciptaan karakter yang mengarah pada upaya penguatan atau penanaman aqidah dan akhlak yang sesuai Syari’at Islam.
“Peristiwa maulid dan kisah perjuangaannya adalah pusaka spritual serta potret keunggulan sejarah peradaban manusia dari semula berada pada kondisi kelam, gelap  gulita kemudian berubah menjadi terang benderang. Dalam pengertian mengenal  Dzat Allah SWT. Sebagai Al khaliq, kemudian manusia di bebani kewajiban untuk beribadah kehadiratnya,”ungkapnya.
Proses kearah perubahan tatanan kemasyarakatan itu dibangun dengan kesungguhan kerja keras dan bahkan di tebus dengan gugurnya para syuhada. “Hal yang menarik dari ungkapan ayat-ayat Al-Qur’an bahwa kunci utama dari semua agenda perubahan yang disusun Rasullah SAW. Adalah pancaran akhlaknya yang sangat mulia,”katanya.
Disamping itu, melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa  cinta kita terhadap Rasulullah SAW. Dan dapat meneladani akhlak dan sifat-sifat pribadi nabi yang luhur serta mulia.
“Semuanya harus dapat kita resapi, kemudian di aplikasikan  dalam kehidupan sehari-hari, meliputi  sifat disiplin, kerja keras, ramah, murah senyum dan berjiwa pemaaf. Terlebih lagi  akhlak tersebut saat ini menjadi sesuatu yang langka, yang terpenting bagi kita selaku umatnya adalah bagaimana “Uswah Hassanah” atau memberikan contoh-contoh keteladanan,”pintanya.
Lebih lanjut, Kepala Bagian Kesra, Jatnika, SH, M.Pd., selaku Ketua Penyelenggara menuturkan, maksud kegiatan ini untuk menanamkan, memupuk dan menambah rasa mahabah (kecintaan) kita kepada Rasulullah SAW.
Adapun tujuannya, untuk mengungkap dan mengembangkan kembali sejarah kehidupan Rasulullah SAW. Kemudian untuk diteladani sebagai jihad/perjuangan didalam menegakan Agama Islam yang dapat dijadikan pelita akar kehidupan perjuangan serta pedoman dimasa sekarang dan akan datang. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: