Navigation

TP. PKK Kuningan Gelar Bina Wilayah Kecamatan




Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan gelar agenda tahunan Bina Wilayah ke setiap kecamatan. Kegiatan berlangsung selama 16 hari, mulai 23 Maret hingga 5 Mei, untuk. Bina wilayah dimaksudkan meningkatkan kegiatan 10 program PKK. Selasa (23/3) Kecamatan Ciniru dan Hantara menjadi hari pertama Bina Wilayah.
Menurut Ny. Hj. Utje Ch. Suganda selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Bina wilayah bertujuan mengadakan pembinaan agar langkah kegiatan program sesuai yang dengan visi dan misi PKK sampai dengan ditingkat desas/kelurahan.
Bina wilayah ini sama sekali bukan untuk mencari kesalahan,untuk itu pembinaan diharapkan betul-betul dapat dipahami oleh kedua belah pihak, yang membina maupun yang dibina. Sehingga kedepan dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat lomba-lomba akan mudah dalam membinanya.
Ketua TP PKK Kuningan mengharapkan tim penggerak PKK kecamatan dalam pelaksanaannya bina wilayah kedesa/kelurahan, dapat menentukan pelaksana terbaik, meliputi Posyandu, Kader PKK, UP2K, Pelaksana 10 Program PKK, PKK,KB,Kesehatan, PHBS (Prilaku Hidup Bersih Sehat), LBS (Lingkungan Bersih Sehat), dan 3B (Bergiji, Beragam, Berimbang) Aman.
Disamping itu, dia menjelaskan juga mengenai P2TP2A (Pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak). Yang merupakan salah satu bentuk wahana pelayanan bagi perempuan dan anak dalam pemenuhan informasi dan kebutuhan dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hukum, perlindungan dan penaggulangan tindak kekerasan serta perdagangan terhadap perempuan dan anak.
Lebih lanjut dikatakan, sebagai perempuan harus cerdas, mengetahui jati diri, pandai mengambil sikap di berbagai situasi dan kondisi. Sebagai kader PKK kita juga harus memberikan penbinaan secara optimal, pandai mengatur jadwal, dilakukan pendelegasian,dan membuat skala prioriras,sebagai kosekuensi pada tugas yang dihadapi.
Camat Ciniru R. Koencoro Hidajat, Sos., saat dikunjungi menuturkan upaya-upaya yang dilakukan terhadap peningkatan IPM di kecamatan ini, meliputi mengadakan koordinas dengan dinas instansi/UPTD/UPT terkait, meningkatkan peran masyarakat,baik dalam bidang pendidikan maupun bidang kesehatan, mengadakan sosialisasi kapada masyarakat tentang pentingnya kesehatan maupun pendididkan.
Sementara Ketua TP. PKK Kecamatan Ciniru, Ny. Ucu Koenjoro menerangkan, hambatan yang ada ada, meliputi banyaknya masyarakat/kaum perempuan di kec.Ciniru yang merantau ke kota untuk mencari tambahan penghasilan. Sehingga pelaksanaan program PKK desa kurang berkelanjutan.
Selain itu, adanya terbatas kemampuan dan keterampilan Ibu-ibu PKK desa dalam pemanfaatan dan pengolahan hasil pertanian dan perkebunan. Sehingga dapat menjadi produk unggulan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.
Lain lagi dikatakan Ketua TP. PKK Kec. Hantara lebih pokus pada Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang ada diwilayah Kec.Hantara Sebanyak 7 Paud. Sarana dan prasarana kurang memadai, terutama APE alat permaianan edukatif belum cukup. Ditambah, maslah banyaknya ibu hamil yang tidak sanggup memeriksakan kandungannya di dokter spesialis kandungan.
Adanya aspirasi dari kecamatan yang di kunjungi, Ketua TP PKK Kab. Kuningan menampung semua aspiranya dengan harapan dapat dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kinerja PKK. (N)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: