Navigation

ANGGOTA DAMAS ANGKATAN KE-6 RESMI DILANTIK


Sebanyak 53 orang anggota Daya Mahasiswa Sunda (Damas) yang berasal dari 5 Universitas terkemuka di Kabupaten Kuningan, diantaranya Universitas Kuningan (UNIKU), STKIP Muhammadiyah, STIKES/STIKU dan STAI Jum’at (30/4) secara resmi dilantik oleh wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, bertempat di Desa Pakembangan Kecamatan Mandirancan.
Turut hadir dalam acara pelantikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Nana Sugiana, SE., M.Si, Camat Kecamatan Mandirancan H. Suradi Data Saputra, BA, Kepala Desa Pakembangan serta masyarakat Desa Pakembangan.
“Pelantikan ini bertujuan untuk terus melakukan kaderisasi bagi kelangsungan Damas, serta setiap program-program kerja yang telah dicanangkan serta direncanakan                     dapat berjalan sesuai dengan harapan” Ungkap Rika Septiani Selaku Ketua penyelenggara.
Menurutnya, telah banyak kegiatan-kegiatan Damas dalam rangka memelihara bahasa sunda sebagai bahasa pribumi serta kesenian-kesenian sunda lainnya yang telah dilakukan secara langsung kemasyarakat selama kurun waktu 4 tahun terakhir seperti sabadesa telah mencapai 228 desa, melakukan seminar-seminar kebahasaan serta Touring Damas Racing Team (Darat) sebagai aplikasi dari program-program kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin Damas.
Dengan kehadiran anggota-anggota baru diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang besar bagi Damas khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Sementara itu Wakil Bupati Kuningan Drs. Momon Rochmana, MM.,mengatakan, dengan adanya pelantikan ini anggota Damas senantiasa melakukan apa yang sudah menjadi kewajiban serta tanggungjawab sebagai anggota, begitu pula program-program yang telah disusun dengan matang agar dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan seperti yang telah direncanakan. Ujarnya.
Dengan begitu, Lanjut Beliau, eksistensi Damas dimasyarakat dapat bermanfaat serta secara langsung melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka memelihara bahasa sunda dan kesenian sunda sebagai jatidiri kebudayaan pribumi.
Menurutnya, Damas merupakan mitra pemerintah daerah sehingga setiap kegiatan sudah menjadi suatu keharusan bagi Pemerintah Daerah mendukungnya melalui Disparbud Pemerintah Daerah memfasilitasi segala bentuk kegiatan agar dapat terlaksana sesuai dengan harapan.
Wabup Momon berharap, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan Damas nantinya dapat menggali, meningkatkan serta memelihara bahasa sunda sebagai bahasa wewengkon khususnya dan kebudayaan-kebudayaan sunda lainnya.
Lebih lanjut Beliau mengatakan, diera globalisasi sekarang ini peran serta pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan, pemuda dapat berperan serta aktif melalui berbagai macam kegiatan-kegiatan dengan tujuan memberdayakan pemuda-pemudi serta dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta dapat berinteraksi dan mengaplikasikan ilmunya secara langsung dimasyarakat.
Selain itu diharapkan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Damas nantinya dapat menyalurkan serta menekan semaksimal mungkin aktivitas pemuda yang menjurus pada hal-hal yang bersifat negative dan tidak bermanfaat. Pungkasnya.(Bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: