Navigation

KUNINGAN HIJAU DAN PRODUKTIF, SEJUTA KAWAN MENANAM POHON



Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Kabupaten Konservasi sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menargetkan 45% atau setara dengan 61 HA lebih wilayah Kabupaten Kuningan sebagai kawasan berfungsi lindung mendapatkan dukungan penuh dari berbagai instansi pemerintah TNI/POLRI dan LSM.
Salah satu bentuk dukungan yang ditunjukkan oleh Kepolisian Resor Kuningan saat ini yaitu dengan mengadakan acara launching program “Kuningan Hijau dan Produktif, Sejuta Kawan Menanam Pohon”, dengan tema Polri Peduli Alam dan Merangkai Sejuta Kawan merupakan  program hasil kerjasama antara Polres Kuningan dengan PT Serayu Makmur Kayuindo Cirebon. Kamis (15/4) bertempat di Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, seluruh jajaran Muspida Kabupaten Kuningan, Muspika Kecamatan Jalaksana serta undangan lainnya.
AKBP Dra. Hj. Yoyoh Indayah, M.Si mengatakan, program Kuningan hijau dan produktif merupakan gong dari berbagai peran, tanggung jawab dan partisipasi sosial Polri, Khususnya Kepolisian Resor Kuningan terhadap dinamika kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan, seperti dibidang seni budaya, olahraga dan kehidupan sosial ekonomi lainnya.
Program ini didasarkan pada upaya mendekatkan peran Polri di tengah-tengah masyarakat dan ditujukan pula untuk memotivasi masyarakat pemilik lahan yang ingin bekerjasama bagi hasil dengan PT. Serayu Makmur Kayuindo, dengan kata lain anggota Polres Kuningan menjadi pilot project kerjasama penanaman pohon produktif kemudian ditranspormasikan menjadi model kerjasama pengelolaan lahan dan tanaman antara masyarakat dan industri.
Menurutnya, pilot project ini mengikutsertakan 39 orang anggota Polres Kuningan pemilik lahan dengan luas 134.818 meter persegi dan bibit pohon albasia sebanyak 40.000 pohon yang didapatkan secara gratis dari PT. Serayu Makmur Kayuindo, dengan model pengelolaan lingkungan hidup dan tanaman industri ini, alam serta lingkungan hidup di Kabupaten Kuningan akan terpelihara demikian pula derajat kesejahtraan masyarakat pun akan terangkat. Pungkasnya.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda S.Sos menyambut baik acara tersebut serta memberikan apresiasi terhadap gagasan Polres Kuningan yang dalam hal ini merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan terutama di Kabupaten Kuningan.
Beliu berharap agar kerjasama yang dilakukan antara Polres Kuningan dengan PT. Serayu Makmur Kayuindo dapat terus berlanjut dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi.
Menurutnya, peran serta aktif Polres Kuningan diharapkan dapat menjadi pemicu bagi semua pihak untuk lebih meningkatkan kesadaran dan peran serta dalam usaha pelestarian lingkungan karena untuk mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi sangat membutuhkan dukungan dan peran serta aktif dari berbagai pihak. Pungkasnya.  (Bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: