Navigation

TRADISI SEDEKAH BUMI CIKELENG


Desa Cikeleng Kecamatan Japara yang terletak disebelah utara Kabupaten Kuningan merupakan salah satu desa yang tetap memegang teguh tradisi warisan nenek moyangnya. Hal ini terbukti dengan  tetap terjaganya salah satu warisan maupun adat istiadat yang ditinggalkan para leluhurnya.

Tradisi sedekah bumi yang setiap tahun dilaksanakan masyarakat cikeleng merupakan tradisi tahunan yang bermaksud untuk menjaga masyarakat sekitar dari bahaya yang datang, atau dengan istilah lain “ Tolak Bala “. Setiap tahun masyarakat cikeleng menyembelih kerbau sebagai salah satu ungkapan syukur masyarakat terhadap segala hasil yang telah diberikan tuhan kepada umatnya. Acara ini biasanya dilaksanakan setelah musim panen. Daging tersebut dibagikan kepada masyarakat untuk disantap bersama-sama dan bertempat di makam leluhur mereka.

Bupati Kuningan yang turut hadir dalam acara tersebut berharap agar tradisi semacam ini dapat dijaga jangan sampai punah, karena selain sebagai warisan leluhur kita juga nerupakan sarana bersilaturahmi antar warga. Selain itu juga Bupati berharap agar kegiatan tersebut jangan dijadikan ajang untuk meminta-minta kepada para leluhur kita sehingga akibatnya akan menjadi musrik dan melanggar norma-norma agama kita. Jelas Aang.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: