Navigation

7 Pengurus Kecamatan DPD KNPI Dilantik Pemuda Harus Bisa Menyelesaikan Masalah Bukan Menjadi Masalah

Dalam upaya meningkatkan peranannya DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kuningan gelar kegiatan pelantikan pengurus kecamatan (PK) dan silaturahmi antar pemuda. Dalam kesempatan ini Ketua DPD KNPI Kuningan Drs. Dian Rachamat Yanuar, M.Si. lantik Pengurus Kecamatan periode 20010-2013 yang tersebar dari 7 kecamatan. Disaksikan Wakil Bupati Kuningan sekaligus Dewan Penasehat DPD KNPI Drs. H. Momon Rochmana, MM dan perakilan Dandim 0615. Bertempat di Gedung KNPI, Minggu (9/5). Turut hadir ratusan anggota KNPI Kuningan. 

Penasehata DPD KNPI Kuningan sekaligus Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM. dalam arahannya menjelaskan, pelantikan dan silaturahim ini dapat dijadikan sebagai wahana pembelajaran dalam membangun dinamika kehidupan. Yang didasari nilai-nilai demokrasi transparansi, akuntabilitas. Dan semangat kebangsaan dalam konteks silih asah, asih dan asuh.

Wabup Kuningan mengingatkan , bahwa pemud harus benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan Negara. Pemuda harus tampil sebagai sosok yang dapat menyelesaikan masalah. Bukan justru malah menjadi masalah itu sendiri.

Untuk itu, pelantikan PK KNPI ini, hendaknya dijadikan sebagai awal pijakan untuk menetapkan rencana organisasi sebagai fungsi pertama dari sebuah oragnisasi. Lalu lakukan pengorganisasian yang jelas dan sistematis dalam rangka pelaksanaan fungsi organisai, kemudian pelaksanaan program dan tujuan organisasi. Dan yang terakhir melakukan evaluasi sebagai tolak ukur sejauh mana hasil kerja yang telah berjalan.
Wabup Kuningan juga memberikan aparesiasi atas kemitraan yang telah terjalin antara KNPI dengan pemerintah daerah dalam upaya pembangunan kabupaten. Disamping itu juga dalam mengatasi masalah-masalah penyakit masyarakat.
“Jalinan kemitraan yang sudah terbangun dengan baik selama ini antara pemerintah daerah, KNPI serta organisasi kemasyarakatan pemuda dapat lebih ditingkatkan,” harapnya.

Menurut Ketua DPD KNPI Kuningan Drs. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Agenda pelantikan Pengurus Kecamatan (PK) KNPI bukan hanya agenda seremonial semata, tapi jauh lebih penting esensinya sebagai komitmen semua untuk meneguhkan kembali apa yang menjadi landasan filosofi lahirnya KNPI. Sehingga visi dan misinya mempunyai makna dimasyarakat.

Dikatakannya, KNPI sebagai wadah perhimpunan memiliki inti kekuatan pemuda yang memiliki peran yang strategis yakni, mengawal perubahan dalam masyarakat menuju terciptanya masyarakat Indonesia yang berkualitas, bermartabat, adil dan makmur.
Ditegaskan Dian Racmat Yanuar, kepada pengurus PK KNPI yang baru bahwa kita semua memiliki tanggungjawab moral 3 tahun kedepan haris memiliki bukti. Apakah kita nanti akan bisa membawa biduk PK KNPI ke pulau harapan atau hanya ilusi semata. “untuk itulah kita mesti memiliki ide, program dan pengimplementasian dalam bentuk kegiata yang bermanfaat untuk masyarakat khususnya generasi pemuda,”ungkapnya.

Dalam organisasi yang kita emban ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kita dihadapi dengan maslah yang ada di KNPI, untuk internal maslah yang dihadapi, misalnya manajeman organisai yang mesti ditingkatkan, sumber daya manusia dan sarana dan prasarana yang harus dilingkapi. Sementara factor eksternalnya yang merupakan bagian dari tanggung jawab kita, meliputi kaitan dengan pengangguran, akses informasi, kompetensi rendah, pengangguran, Narkoba dan lainnya.

Semnatara itu PK KNPI yang baru dilantik terdiri dari 7 kecamatan, dianataranya Kecamatan Pancalang, Jalaksana, Mandirancan, Pasawahan, Kuningan, Darma, Cidahu. Kepada seluruh PK KNPI yang baru dilantik, Ketua DPD KNPI Kuningan, menyampaikan selamat bekerja dan berharap dapat memberikan gairah bagi tumbuh kembangnya pemuda terutama dalam kepekaan, kepemimpinan, dan kepeloporan untuk menaklukan berbagai keterampilan. (N)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: