Navigation

BUPATI BUKA LOKAKARYA PERAN DAN FUNGSI PNPM-MANDIRI PERKOTAAN

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang merupakan keberlanjutan pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) telah bergulir sejak tahun 2007 di Kabupaten Kuningan, adapun penetapan lokasi dan alokasi untuk PNPM Mandiri tahun anggaran 2010 di Kabupaten Kuningan terdiri dari 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kuningan sebanyak 11 kelurahan dan 3 desa, Kecamatan Kramatmulya sebanyak 14 desa sedangkan untuk Kecamatan Cigugur terdiri dari 4 kelurahan dan 6 desa.
Bertempat di Aula Bappeda, Jum’at (21/5) Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S. Sos berkesempatan membuka lokakarya peran dan fungsi PNPM-Mandiri perkotaan tersebut, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama, MH, Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Drs. H. Lili Suherli, M.Si, Camat Kecamatan Kuningan, Cigugur dan Kramatmulya serta para lurah dari 3 Kecamatan tersebut.
Dalam laporannya Drs. H. Lili Suherli, M.Si menjelaskan, tujuan dari acara lokakarya peran dan fungsi PNPM-Mandiri perkotaan yaitu adanya komitmen bersama penanggulangan kemiskinan, pemahaman peserta terhadap fungsi, tugas dan peran masing-masing dalam pelaksanaan PNPM-Mandiri Perkotaan di tingkat kota atau Kabupaten, koordinasi yang jelas antar stakeholder untuk mendukung PNPM-Mandiri dalam rangka penangulangan kemiskinan serta diperolehnya dukungan nyata dalam pelaksanaan PNPM-Mandiri.
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa, para peserta lokakarya ini terdiri dari Tim Koordinasi Pelaksanaan Program (TKPP), para kepala bagian dan kepala dinas dari beberapa SKPD terkait, anggota DPRD yang membidangi pembangunan dan kesra serta para pejabat pemerintah tingkat kecamatan.
Menurutnya, output dari penyelenggaraan acara ini diharapkan terjadinya persamaan persepsi dan pemahaman badan eksekutif, DPRD, dan seluruh Stakeholder, kelompok strategis sebagai pelaksana program PNPM-Mandiri Perkotaan serta rencana pelaksanaan PNPM-Mandiri perkotaan di Kota/Kabupaten dapat disepakati.
Sementara itu Bupati Aang menyambut baik terselenggaranya acara lokakarya peran dan fungsi PNPM-Mandiri perkotaan, menurutnya pembahasan untuk pelaksanaan kerja serta perencanaan yang baik harus benar-benar disiapkan sedini mungkin sehingga pelaksanaan PNPM-Mandiri tahun 2010 yang akan segera bergulir dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan dan tentunya dapat bermanfaat serta dirasakan langsung oleh masyarakat.
Bupati Aang meminta agar pelaksanaan program PNPM-Mandiri Perkotaan dimonitor secara langsung kelapangan karena menurutnya permasalahan-permasalahan di daerah perkotaan lebih kompleks dibandingkan dengan daerah pedesaan serta alokasi dana benar-benar tepat sasaran sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
Lebih lanjut Ia mengatakan, jangan pernah berhenti untuk melakukan terobosan-terobosan untuk pembangunan Kuningan terutama daerah perkotaan dan memanfaatkan sumber dana yang ada dengan sebaik-baiknya serta menjadikan perubahan-perubahan baik di perkotaan ataupun di pedesaan yang senantiasa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat itu sendiri.(Bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: