Navigation

Ciri Guru Profesional, Dinantikan Peserta Didik Saat Mengajar


PGRI Kabupaten Kuningan gelar seminar peningkatan profesional guru melalui organisasi profesi guru. Ribuan guru turut mengikuti seminar  ini, Minggu (15/5) bertempat di Tirta Sanita, dengan menghadirkan nara sumber Prof. DR. H. Iim Wasliman, M.Pd. dan ketua pengurus besar PGRI. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan, Drs. Dadang Supardan dan Ketua PGRI Kuningan. Drs. H. Maman Suherman, M.Pd.,

Dikatakan Ketua PGRI Kuningan , melalui seminar  ini diharapkan  para guru akan  lebih  meningkatkan kompetensi profesionalnya. Sejalan dengan tuntutannya untuk mencerdaskan  kehidupan bangsa. Karena tidak dipungkiri bahwa tanggungjawab guru sangat  besar.

“Bagaimana akan  meningkatkan peserta didik sementara gurunya sendiri hanya melakukan sesuatu rutinitas, tanpa adanya inovasi, kreativitas untuk mencari ilmu  pengetahuan  yang  lainnya,”tegasnya.

Disebutkannya, dalam rangkaian  kegiatan ini digelar juga lomba inovasi pembelajaran alat peraga (LIPAP) dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Lebih lanjut Bupati Kuningan dalam arahannya mengungkapkan,  terima kasih atas peranan para guru yang  berada di Kuningan  karena telah mangangkat pendidikan di Kuningan, dimana tingkat Ujian Nasional (UN) baik ditingkat SMP maupun  SMA berada diatas nilai rata-rata yang ditentukan di tingkat Jabar.

Namun keberhasilan ini bukan berarti kita harus lengah atau terlena, tetapi harus terus ditingkatkan. Terutama masalah disiplin bagaimana pun hal ini sangat  berpengaruh, tidak ingin mendengar atau  melihat ada guru yang  terlambat mengajar apalagi sampai 1 jam hingga 2 jam lebih.

Disamping  itu, perlu adanya kehati-hatian  dalam  menangani permasalahan yang dihadapi peserta didik, seperti halnya kasus-kasus kecil. jangan sampai timbul permasalahan baru yang  nantinya jusru pihak guru yang dirugikan.

Dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat, Bupati Kuningan mengajak para guru baik secara pribadi maupun kelembagaan organisasi PGRI. Untuk terus bekerja dengan tekun dan loyalitas yang  tinggi serta sinergis.

Untuk menghadapi tantangan ini hal yang  perlu dilakukan ada beberapa hal, yakni melaksanakan dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, meningkatkan kompetensi profesional guru terutama bagi para guru yang sudah lulus sertifikasi.

Ditambahkannya, mengembalikan citra guru sebagai  insan yang patut di digugu ditiru serta diteladani, menjalin dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan untuk mensukseskan penuntasan wajib belajar pendidikan 12 tahun.

“Hal yang perlu mendapatkan perhatian juga, penanaman nilai-nilai demokratisasi, nasionalisme dan trasnparansi dalam rangka menjadikan pendidikan. Sebagai wahana pengembangan Iptek dan Imtak,”ungkapnya.

Sementara Drs. Edi Permadi selaku pengurus PGRI Jabar menuturkan, bahwa profesionalisme dapat dilihat dari oputnya, bilamana kita menjadi seorang artis dapat  memberikan  kepuasan kepada para penonton. Begitu juga ketika menjadi guru, apakah dinantikan oleh peserta didik atau malah sebaliknya. Jika dinantikan berarti guru tersebut sudah menjadi bagian dari guru yang profesional. (N).

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: