Navigation

Kita Harus Menjaga Jati Diri Bangsa

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-102 di Kabupaten Kuningan dilakukan di Halaman Panpada Paramarta, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, Unsur Muspida para kepala SOPD, Camat se- Kuningan, organisasi sosial masyarakat dan pemuda, pelajar SMP dan SMA, Kamis (20/5). Kali ini memiliki tema "Dengan semangat kebangkitan nasional kita tingkatkan ketahanan masyarakat dalam kerangka NKRI”.

Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda selaku Inspektur Upacara, mengungkapkan, ketahanan masyarakat (social resilience) pada dasarnya merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan ketahanan bangsa. Ketahanan bangsa sangat ditentukan oleh kekuatan karakter kebangsaan masyarakatnya.

“Namun dari kondisi yang berkembang saat ini, khususnya dari aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kenyataannya perlu disikapi secara bijak oleh seluruh komponen kekuatan bangsa,”katanya.

Dia juga mengatakan, ketahanan sosial bangsa kita saat ini tengah diperhadapkan dengan berbagai tantangan yang kalau tidak dikelola dengan baik, bisa jadi pada gilirannya akan berakibat munculnya gejala-gejala yang dapat melemahkan karakterkebangsan kita.

Untuk itu, Bupati Kuningan menuturkan, fenomena ini tampaknya semakin diarahkan oleh bangsa yang pada waktu yang sama sedang membangun dan mengembangkan nilai-nilai kebangsaan yang hakiki dan selaras dengan norma budaya dan nilai-nilai yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam kehidupan sehari-hari kita saksikan betapa semakin melemahnya komitmen terhadap rasa kebangsaan, yakni semakin melemahnya kejujuran dan sikap amanah dalam kehidupan sehar-hari, semakin diabaikannya ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, semakin langkanya tokoh-tokoh yang bisa menjadi panutan dan semakin meluasnya pengaruh budaya asing terhadap budaya lokal sebagai akibat dari mudahnya akses,”tuturnya.

Atas kejadian ini, Bupati Kuningan merasa untuk kembali memperhatikan dan merenungkan berbagai hal yang dapat melemahkan karakter bangsa tersebut, maka sangat relevan apabila dalam memperingati hari kebangkitan nasional ini. Kita perlu mengambillangkah-langkah konkrit untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk pembangunan karakter bangsa, Bupati Aang mengajak untuk menjaga jati diri bangsa, menjaga keutuhan NKRI, membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan membentuk bangsa yang maju, mandiri dan bermartabat.

Dijelaskannya, pabila nilai-niai kebangkitan nasional, secara sungguh-sungguh kita terapkan dalam tatanan kehidupan kita, maka hal itu akan menjadi landasan yang kuat dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Jika zaman penjajahan kita menghadapi musuh bersama yang bernama kolonialisme, maka musuh yang kita hadapi saat ini adalah kemiskinan, pengangguran, korupsi, lemahnya penegakan hukum, dan lain sebagainya.

Kalau dulu dengan kekuatan yang seadanya kita dapat mengusir penjajah karena kita memiliki semangat kebangsaan yang sangat kuat. saat ini, keyakinan itu harus kita bangkitkan kembali melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Bahwa dengan sumberdaya yang tersedia melalui kerja keras. Kita akan mampu melawan dan menyelesaikan persoalan bangsa yang kita hadapi,” ungkapnya. (N)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: