Navigation

Bupati Kuningan Lakukan Kali Bersih Bersama Masyarakat

Sebagai upaya untuk menata  lingkungan hidup  pemerintah Kabupaten Kuningan  melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah menggelar pekan lingkungan hidup dengan tema “Ayo Pelihara dan Bersihkan Sungai Kita”. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, bertempat di Taman Citamba ASRI yang sebelumnya eks pertokoan, Minggu (20/6).

Kepedulian akan lingkungan  ini diikuti juga dari SKPD, Rombongan BPLHD Jawa Barat, Pasukan Kuning, Babinsa 0615,  masyarakat, LSM AKAR, ISSK, Persatuan Keramba , Organisasi  pencinta lingkungan dan sekolah dengan jumlah mencapai 500 orang. Untuk jalurnya meliputi daerah aliran sungai Citamba, Jalan Siliwangi dan Pusat Perkotaan.

Dalam arahannya Bupati Kuningan mengungkapkan, kita semua saat ini  berada ditengah-tengah  kota Kuningan, yang  lebih  menarik lagi berada di Taman Citamba  yang baru dibangun. Hal ini merupakan suatu perubahan yang  menjadikan Kuningan lebih tertib dan indah dalam penataan lingkungan.

“Namun semua ini tak lepas juga dari kesadaran para pemilik  toko yang  membongkarnya sendiri. Untuk itu kami haturkan terima kasih. Hal ini mesti menjadi contoh masyarakat yang  masih memiliki bangunan diatas bantaran sungai,”pintanya.

Kaitannya dengan penataan  lingkungan hidup Bupati Kuningan menghimbau, kepada seluruh masyarakat untuk terus peduli dan melestarikan lingkungan secara berkelanjutan. Karena kebersihan  merupakan  tanggung jawab bersama. Untuk mendukung hal ini harus mengembangkan  tradisi  hidup bersih, yakni tidak membuang sampah semabarangan ke sungai, selokan, atau got dan terkendalinya corat-coret.

Untuk penelusuran sungai Bupati Kuningan beserta rombongan yang  terdiri dari Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, Ketua DPRD Acep Purnama, MH. Kuningan, Dandim 0615 ARM. Mulyono, Kepala SKPD lainnya melanjutkankan sampai ke kelurahan Awirarang sambil berjalan kaki. Disaat peninjauan ini Bupati Kuningan dihadapan Lurah Awirarang dan Lurah Kuningan  mengungkapkan, akan menertibkan kembali  bangunan diatas bantaran sungai sebagaiamana yang telah dilakukan  di Lokasi Pertokoan Citamba sebelumnya.

Ketua Panitia Pekan Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Bidihiyasa sekaligus Kabid di BPLHD Kuningan menuturkan, kaitan dengan lingkungan hidup yang diperlukan  saat ini adalah action atau langkah  konkret menyelematkan  lingkungan hidup, sudah bukan masanya lagi memperdebatkan pentingnya lingkungan hidup dan penyelamatan  lingkungan hidup harus dilakukan secara bersama-sama.

Dia mengatakan tujuan dari kegiatan ini, untuk meningkatkan  pemahaman  masyarakat akan perannya pada pemeliharaan lingkungan hidup, terlaksananya gerakan  memelihara sungai dengan  melibatkan  semua komponen  masyarakat dan terciptanya kebrsihan  sungai, lingkungan bessih tertib dan indah.

“Selain program kali bersih dilakukan pula penebaran benih  ikan  oleh Bupati Kuningan. Dan penghapusan  corat-coret (vandalisme), kampanye lingkungan hidup dan pengukuran  kualitas udara ambient pada car free day,”sebutnya. (N).



.




.

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: