Navigation

Balai Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Bogor Jadikan Kuningan tempat OL

Kuningan tidak hanya dijadikan tempat untuk melakukan study banding dikalangan Anggota DPRD dari luar daerah saja, melainkan sering kali juga dijadikan Observasi Lapangan (OL) oleh lembaga pendidikan. Senin (26/7) Kuningan kedatangan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Bogor untuk melakukan Observasi Lapangan. OL ini diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan Drs. Nandang Sudarajat. Didampingi SOPD yang terkait, dianataranya Dishutbun, Badan Kepagawaian Daerah (BKD dan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT).

Ir. Sudayatna, M.Sc. selaku Ketua Rombongan mengungkapkan, peserta Diklat ini teridiri dari beberapa daerah bahkan ada yang dari Sumatera, Kalimantan Pulau Jawa dan lainnya. Dengan OL di Kuningan ini akan mendapatkan sesuatu hal yang baru dalam upaya pengembangan pengelolaan yang terbagi dari 3 kelompok pembahasan, meliputi Kehutanan, kepegawaian dan perijinan. Yang nantinya dapat dijadikan reperensi untuk para peserta dan mungkin juga menjadi contoh untuk daerahnya masing setelah selesai melakukan OL ini.

“Bukan tanpa alasan mengapa Kuningan terpilih menjadi tempat OL. Karena didasari dengan banyaknya kemajuan yang telah dirampungkan di Kuningan. Hal ini ternyata terbukti ketika diperjalanan ke Kuningan udaranya sejuk, lingkungannya tertata, bersih dan nyaman. Ditambah lagi pepohonan yang hijau di sekitar pegunungan dan kanan kiri jalan. Disamping itu, kemacetan pun hampir tidak ada karena saat perjalanan tidak mengalami hambatan. Bahkan lebih nyaman lagi jalannya hampir hotmik semua,”tuturnya.

Sementara Sekda Pemkab Kuningan mengatakan, selamat datang kepada peserta OL Diklat TK. IV Balai Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Bogor di Kuningan. Dengan harapan Kuningan tidak hanya dijadikan OL saja melainkan untukn Pemkab Kuningannya sendiri dapat belajar kepada para peserta yang ada. Sehingga usaha pembangunan di Kuningan dapat terevaluasi, tentunya dengan memposisikan bahwa mereka datang kesini untuk saling tukar menukar pikiran demi kemajuan Kuningan.

Kaitannya dengan materi OL ini, Sekda Kuningan memaparkan upaya dalam mendukung implementasi menjadi Kabupaten konservasi, dianataranya Kebun Raya Kuningan (KRK) sebagai kawasan konservasi tumbuh yang merupakan satu-satunya Kebun Raya Daerah Jabar, Hutan Kota sebagai perluasan ruang terbuka hijau dan diharapakan menjadi icon Kuningan.

Ditambah lagi, kebun bibit permanen sebagai sentra pembibitan tanaman kehutanan dan perkebunan guna mendukung percepatan rehabilitasi lahan kritis, program pengantin peduli lingkungan, penanaman kanan kiri jalan, sungai dan sekitar waduk/situ, penghijaun lingkungan sekolah, pengembangan hutan rakyat swadaya, Program peserta diklat CPNS peduli lingkungan yang digagas oleh BKD, dan Program Seruling (seribu siswa baru peduli lingkungan) digagas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga.

Untuk mengetahui lebih jauh Lokasi Khusus OL, Sekda Kuningan menghimbau kepada SOPD yang terkait agar dapat membantu kelancaran. Sekaligus untuk bersama-sama belajar demi kemajaun Kuningan. (N)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: