Navigation

Kecamatan Cigugur Langkah Menuju Kabupaten Koperasi

Dunia Perkoperasian di Kuningan semakin menunjukan kemajuannya , selama 4 tahun Kuningan telah memiliki 4 kecamatan koperasi, untuk langkah selanjutnya Kuningan akan menjadi Kabupaten Koperasi.  Hal ini terjadi karena minat masyarakat  untuk menopak perekonomian melalui koperasi terus berkembang. Sabtu (30/7) kini giliran Kecamatan Cigugur menjadi Kecamatan Koperasi  ke 4  yang diresmikan langsung Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda.


Disaksikan Mareden Simamora, SE. MM. selaku Asisten Deputi kelembagaan bidang keanggotaan koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, DekopinwilJabar H. Khaerul Syobar, SE. MM., Anggota DPR RI  Amin Santono, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kuningan Ir. Triastami dan undangan lainnya.


Bupati Kuningan Mengungkapkan, dalam rangkain kegiatan  peringatan hari Koperasi ke-36, kembali masyarakat dan gerakan koperasi Kabupaten Kuningan mendapat suatu kebahagian dengan diresmikannya Kecamatan Cigugur menjadi kecamatan Koperasi ke 4 di Kabupaten Kuningan bahkan ditingkat Jawa Barat. Dimana jumlah koperasi yang berada di Kecamatan ini sebanyak 36 lembaga dengan unit usaha yang berbeda-beda.

Dengan diresmikan  kecamatan Cigugur menjadi Kecamatan  Koperasi  setelah tiga kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Cibingbin, Kuningan, dan Cilimus. Diharapkan peranan pemerintah kecamatan dalam rangka pemberdayaan koperasi sebagai wadah untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat  akan lebih meningkat  lagi.

“Dan  pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di daerah untuk mendongkrak IPM khususnya sektor daya beli,”harapnya.

Bersamaan dengan HUT Koperasi ke-36 ini,  Bupati Kuningan  menyampaikan Alhamdulillah karena Kuningan juga mendapat pengharagaan tingkat  nasional  dengan diraihnya Paramadhana Madya Koperasi sebagai Kabupaten penggerak Koperasi, dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Dr. Sjarifudin Hasan, MM., MBA.,  Penghargaan ini diberikan kepada 44 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sementara  untuk Jabar hanya Kuningan yang meraih penghargaan.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengemukakan bahwa penggerakan koperasi harus dirasakan juga oleh semua kalangan masyarakat terutama yang berada di pasar-pasar. Jangan sampai mereka meminjam uang kepada orang atau lembaga yang mematok bunga pinjaman yang besar. Sehingga hal ini sangat memberatkan masrakat. Disinilah peranan perkopersian mulai sekarang harus bisa merangkulnya.

Sementara dalam arahannya Mareden Simamora, SE. MM. mewakili  Menteri Koperasi dan UKM RI DR. Syarief Hasan, MM. M.BA. menuturkan, koperasi dapat menjadi  wadah bagi masyarakat untuk berjuang bersama-sama, mengatasi persolan ekonomi dengan bersama membangun peluang usaha.

Melalui koperasi  dapat dikembangkan upaya pembedayaan untuk merealisasikan potensi ekonomi yang dimiliki anggota dengan semangat kekeluargaan. Jika kita ingin  membangun ekonomi rakyat , peran dan keberadaan koperasi adalah faktor kunci keberhasilan.

Untuk itu, Dia mengatakan, koperasi harus memperkuat konsilidasi internal organisasinya dengan meningkatkan partisipasi anggota. Disamping itu koperasi perlu melakukan kerjasama antar koperasi  dan dengan badan usaha lainnya, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan produk-produk unggulan dan potensi daerah.

Disamping itu, koperasi perlu juga meningkatkan kecerdasan  guna mengelola potensi ekonomi anggotanya, menumbuhkan  kemandirian individual anggota dan selanjutnya berkembang menjadi kemandirian kolektif.

“Dalam perkoperasian harus tetap memlihara jati diri dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasar dan jati diri koperasi, dalam pemahaman praktisnya  adalah berfungsinya peran anggota sebagai pemilik atau pemodal, dan sekalgus sebagai pelanggan atau pengguna jasa perusahaan koperasinya. Krakteristik kelembagaan ini merupakan cirri pembeda anatara koperasi dengan badan usaha lainnya,” jelasnya.

Dia juga menambahakan, pemberdayaan koperasi di Indonesia pada hakekatnya memerlukan koordinasi  yang baik anatara Pemerintah  Pusat dengan pemerintah daerah, gerakan koperasi dan masyarakat. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih  apa yang telah dilakukan Kabupaten Kuningan  menuju Kabupaten koperasi  atas kerjasamanya  baik mulai gubernur, bupati, serta pengurus Dekopin, Dekopinwil dan Dekopinda. “Semoga langkah menuju Kabupaten Koperasi darapat di raih,’ katanya. (NN).




Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: