Navigation

OBSERVASI KELUARGA SAKINAH

Keluarga sakinah adalah keluarga yang berkualitas yang dibina melalui pernikahan yang syah, demikian disampaikan ketua Tim Penilai Lomba Keluarga Sakinah Teladan tingkat Propinsi Jawa Barat, Drs. H. Mochamad Fadil Syamsudi, M.Si.,didampingi 7 tim penilai lainnya di kediaman Bapak H. Ending Suwandi, MM dan Ibu Hj. Odah Saodah Am.Keb (pasangan terpilih keluarga sakinah teladan) yang berhasil mewakili Wilayah Cirebon ke tingkat Propinsi Jawa Barat .kemarin Kamis, 22 Juli 2010, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementrian Keagamaan. Adapun yang menjadi kriteria penilaian adalah keberhasilan keluarga dalam bidang keagamaan, partisipasi bidang pendidikan, kepedulian sosial, dan lain-lain melalui pemeriksaan Daftar Riwayat Hidup, tes tertulis, wawancara, serta observasi lapangan.
Pada kesempatan tersebut, hadir Bupati Kuningan, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, Camat Lebakwangi, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, serta muspika dan masyarakat setempat. Untuk memenuhi penilaian, dilaksanakan ekspos oleh Bapak Ending dan Ibu Odah dengan didampingi 3 putra-putri dan 3 anak angkat serta 6 cucu. Sebelumnya mereka sangat khawatir dengan apa yang akan dipaparkan , karena mereka memiliki prinsip bahwa kebaikan sebaiknya tidak untuk diekpos, namun karena merupakan salah satu penilaian , maka Ending mengekpos tentang keluarga, keberhasilan mendidik anak-anak, berbagai aktivitas keagamaan, social, dll.
Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, mengemukakan bahwa Penilaian Keluarga sakinah teladan merupakan salah upaya untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas keluarga sakinah di Kabupaten Kuningan, sebagai wahana yang tepat untuk menjadi contoh dalam membentuk keluarga-keluarga lainnya. Dengan adanya lomba keluarga sakinah teladan diharapkan mendatangkan manfaat yakni; menjadi penguat sebagai nilai tambah dalam keharmonisan keluarga yang implementasinya dalam interaksi social di masyarakat, yang sinergis dengan ajaran agama sehingga essensinya dapat dirasakan oleh pribadi keluarganya dan umumnya semua keluarga di lingkungan masyarakat, tertanamnya nilai-nilai ahlaqul karimah dalam lingkungan keluarga sebagai pondasi utama dalam membangun ketahanan keluarga dari pengaruh buruk nuansa budaya yang berkembang dewasa ini, terbangunnya keluarga sakinah, mawadah dan warahmah secara sehat serta akrab dan toleran dalam menciptakan iklim keluarga yang kondusif serta memberikan suri tauladan di lingkungan masyarakat, sehingga totalitasnya sebagai pengabdian bernilai ibadah di hadapan Alloh swt.
Bupati Kuningan atas nama pemerintah menyambut baik acara tersebut dan sangat mendukung serta akan memfasilitasi setiap aktivitas berkenaan dengan optimalisasi penciptaan keluarga sakinah teladan di Kabupaten Kuningan karena program ini selaras dengan visi Kabupaten Kuningan; “Kuningan lebih sejahtera berbasis pertanian dan pariwisata yang maju dalam lingkungan lestari dan agamis tahun 2013”, pula merupakan misi ke 3 Kabupaten Kuningan “ meningkatkan kehidupan masyarakat yang agamis, harmonis dan bersatu”
Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda, mengajak kepada seluruh masyarakat Kuningan untuk turut berdo’a agar Bapak H. Ending Suwandi, MM dan Ibu Hj. Odah Saodah Am.Keb, terpilih menjadi peserta terbaik (juara pertama) di tingkat Propinsi jawa Barat. "Selanjutnya kami memberikan kepercayaan dan menyerahkan sepenuhnya kepada tim penilai dalam hal tersebut", lanjut Utje.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: