Navigation

HAN Kembangkan Potensi Minat dan Bakat Anak

Ribuan anak tumpah ruah mengikuti kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN). Begitu tampak kecerian dari raut anak-anak ini, terlebih lagi saat meyaksikan pagelaran yang ditampilkan anak sebayanya. Sambil menikmati indahnya panorama alam dan tumpahan air. Karena HAN kali ini digelar di Objek Wisata Waduk Darma. Selasa (2/8), di buka langsung oleh Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana.

Dalam arahannya Wakup Kuningan menuturkan, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ditujukan untuk mensosialisasikan tentang hak-hak anak yang telah disepakati dunia. Dan diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dalam undang-undang perlindungan anak nomor 23 tahun 2002.

Disebutkannya, hak-hak anak yang tercantum dalam undang-¬undang ini mencangkup, pelayanan pendidikan dan pengajaran bermutu dalam rangka pengembangan pribadi dan semua potensi kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya, pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan social.

Disamping itu, kebebasan menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya. Demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.

“Dan pentingnya beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri,”katanya.

Selain itu, Wabup juga menjelaskan, perlunya perlindungan dari diskriminasi, ekploitasi baik ekonomi maupun seksual, penelantaran, kekejaman, kekerasan, penganiayaan, ketidakadilan dan perlakuan salah lainnya

Melalui penyelenggaraan peringatan HAN ini Wakil Bupati mengharapakan, bukan sekedar seremonial dari ketentuan wajib setiap tahun tetapi ditujukan untuk menggalang dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan terhadap pemenuhan hak-hak anak.

Untuk itu, Wabup mengajak seluruh guru dan orang tua lebih meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara sejahtera agar terbentuk generasi penerus yang tangguh, sehat, jujur, cerdas, berprestasi dan berakhlak mulia.

Kaitannya dengan penyelenggaraan HAN di tempat wisata Waduk Darma, Wabup mentakan, ini merupakan cara efektif untuk membuat kondisi anak lebih menyenangkan, sekaligus mengenalkan potensi wisata. Sehinga anak-anak akan tumbuh mencintai tempat kelahirannya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan Drs. Dadang Supardan, M.Si. mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran seluruh steakholders, akan pentingnya memberikan perlindungan, pemenuhan hak-hak anak, serta pelayanan holistic integrative kepada semua anak tanpa diskriminasi.

Untuk memeriahakan kegiatan HAN ini telah digelar beberapa perlombaan, meliputi lomba kreasi origami dengan peserta melibatkan peserta didik PAUD formal (TK/RA), lomba mewarnai dengan peserta dari peserta didik Non Formal (TPA, KOBER, POS PAUD dan SPS) dan penyelanggraan pentas seni dan budaya dengan tema “kaulinan urang lembur. Selain itu ada kegiatan pemeriksaan tulang untul Tutor PAUD Garatis, pemeriksaan gizi gratis dan lainnya. (N).


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: