Navigation

HJ. UTJE CH SUGANDA HADIRI SAFARI RAMADHAN MUSLIMAT NU


Safari ramadhan 1431 H digelar Muslimat Nahdatul Ulama (NU), Ahad (15/8) di mesjid Baiturrahman Kecamatan Kadugede, acara yang merupakan hasil kerjasama TP.PKK Kabupaten Kuningan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) serta Badan Kerjasama Majelis Ta'lim Mesjid (BKMM) dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda yang juga memberikan tausiah di depan ratusan muslimat NU se-wilayah eks. kewedanaan Kadugede.  
Turut hadir Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Kuningan Dra. Hj. Tuti Rusilawati, MM, Ketua PAC NU Kecamatan Kadugede Hj. Iyom Uum, Camat Kecamatan Kadugede Yanuar Suyono, Sm.Hk, Jajaran Musika Kecamatan Kadugede, tokoh MUI / MWC Kecamatan Kadugede serta Undangan lainnya.
Ketua PC Muslimat NU Hj. Tuti Rusilawati mengatakan, bahwa acara safari ramadhan ini merupakan tindaklanjut dari visi Kabupaten Kuningan yaitu “Kuningan lebih sejahtera berbasis pertanian dan pariwisata yang maju dalam lingkungan yang lestari dan agamis tahun 2013 “.
Menurutnya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi antara anggota Muslimat NU se-wilayah eks. kewedanaan Kadugede khususnya serta Muslimat NU se-Kabupaten Kuningan pada umumnya.  “Acara ini juga merupakan salah satu kegiatan yang secara rutin diadakan untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan,”.Ungkapnya.
Sementara itu Hj. Utje Ch Suganda dalam tausiahnya mengatakan, bahwa inti dari kegiatan ini adalah usaha untuk memperkuat atau memperkokoh jalinan silaturahmi atau ukhuwah islamiah,  ukhuwah islamiah merupakan ikatan iman yang ditegakkan atas dasar islam yang memancarkan dari ketakwaan, salah satu dampak puasa adalah meningkatnya tali silaturahmi diantara sesama muslim. Tali silaturahmi diantara umat muslim harus tetap dijaga dan terus ditingkatkan, jaringan ukhuwah islamiah merupakan hal yang penting apalagi bertepatan dengan bulan mulia bulan suci ramadhan.
Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh sesama umat muslim agar terus dapat menjaga ukhuah islamiah tersebut, hal ini dilakukan karena pada dasarnya sesama muslim seluruhnya adalah bersaudara yang artinya dalam suatu persaudaraan terdapat saling mencintai, menyayangi, saling perhatian, saling membantu bukan saling menyakiti, mendengki, memfitnah serta membicarakan sesama muslim.
Dalam bulan ramadhan, lanjut Ia, kita senantiasa lebih mempererat ukhuwah islamiah serta lebih peka terhadap sesama muslim dengan cara menyantuni anak yatim-piatu, menolong sesama muslim yang kekurangan atau kesusahan, menjenguk saudara atau tetangga yang sakit, mengunjungi kerabat atau sodara dan banyak lagi hal-hal lain yang bisa kita kerjakan.
Lebih lanjut Ia mengatakan, dalam menjaga ukhuwah islamiah juga penting dikedepankan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan, saling menghargai diantara satu sama lain terutama umat muslim karena ukhuwah islamiah merupakan salah satu pilar kekuatan (quwwatul ukhuwwah) disamping kekuatan pilar lainnya seperti kekuatan iman, senjata dll.
Allah SWT berfirman yang artinya “Sesungguhnya orang-orang mukmun adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Alloh supaya kamu mendapat rahmat.(Al-hujurat : 10).
Diakhir tausiahnya Ia berharap, dengan adanya kegiatan yang mulia ini mari kita jaga jalinan ukhuwah islamiah antara sesama umat manusia sehingga tidak ada lagi kesenjangan diantara kita yang mengakibatkan perpecahan, kita dihadapan Allah SWT adalah sama namun yang membedakan adalah tingkat keimanan dan ketakwaan kita. Pungkasnya.  (Bn)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: