Navigation

PANAHAN TRADISIONAL



Tradisi Panahan yang juga merupakan salah satu warisan leluhur Kerajaan Kajene (Kuningan), tradisi lomba memanah dengan menggunakan Gondewa (panah) tradisional merupakan salah satu ajaran dari kerajaan dalam membela diri ketika berperang .

Seperti tahun-tahun sebelumnya tradisi ini selalu disatukan dengan saptonan, akan tetapi pada tahun ini panahan tradisional pelaksanaannya dipisahkan dengan saptonan yang sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Kalimanggis, hal itu dimaksudkan agar lomba panahan tersebut lebih konsen pelaksanannya. Panahan Tradisional ini selalu mendapat perhatian dari penggemar olahraga memanah khusunya mereka yang rajin berlatih. Pelaksanaan lomba ini bisa dijadikan tolak ukur kemampuan dari para atlet setelah mengikuti latihan rutin.

Kegiatan yang syarat nilai seni dan budaya tinggi ini setiap tahun banyak diminati oleh wisatawan local ini, mereka datang dari berbagai penjuru Kabupaten Kuningan untuk menyakasikan event tahunan yang dilaksanakan menjelang Hari Jadi Kuningan.

Wakil Bupati Kuningan yang menghadiri secara langsung kegiatan ini mengatakan, sangat bangga dan merespon kegiatan ini. Seperti kita ketahui bersama bahwa nilai-nilai luhur warisan nenek moyang kita harus selalu kita jaga keberadaannya, oleh karena itu saya sangat bersyukur kegiatan panahan tradisional ini masih rutin dilaksanakan di Kabupaten Kuningan walaupun event ini hanya dilaksanakan setahun sekali. Saya juga berpesan kepada para pecinta olahraga memanah jangan hanya melaksanakan kegiatan panahan tradisional saja tetapi alngkah baiknya apabila panahan modern juga muali di kembangkan karena untuk event-event seperti porda Kabupaten Kuningan masih memerlukan atlet-atlet untuk memperkuat tim kabupaten kuningan untuk cabang olahraga memanah.. Pinta Momon.

Selain itu Wabup juga berpesan kepada pengurus PERPANI Kabupaten Kuningan agar tetap mengembangkan cabang olahraga ini, dan dapat memperbanyak anggota agar regenerasi kedepan berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan atlet-atlet yang berprestasi tentunya harus dilaksanakan latihan secara rutim, untuk itu saya meminta kepada jajarahn PERPANI Kuningan agar melaksanakan latihan secara rutin.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: