Navigation

SMKN 1 Luragung Bentuk Peseta Didik Cerdas dan Disiplin melalui Latihan Ketarunaan

Sebagai upaya pembentukan peserta didik yang cerdas, trampil, dan disiplin. SMK Negeri 1 Luragung menggelar Pendidikan dan Latihan Disiplin Ketarunaan (PLDK) bagi calon taruna dan taruninya. Sabtu (7/8) Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, M.Si., melantik taruna-taruni sebanyak 373 siswa-siswi tahun pelajaran 2010/ 2011.

Semua siswa ini begitu tampak gagah terlebih lagi memakai seragam putih kebanggaannya yang dilengkapi dengan Pet. Kendati terik matahari menyengat tubuhnya. Semua rasa lelah itu terobati. Terlihat dari raut wajahnya yang ceria setelah mereka dilantik sambil disaksikan orang tuanya.

Dalam arahannya Wakil Bupati Kuningan mengatakan, pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat strategis. Dalam bentuk dan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas menuju masyarakat madani yang tanggap.

Melalui kegiatan ini Wakil Bupati Kuningan mengharapkan, dapat membentuk peserta didik yang cerdas, trampil dan disiplin. Cerdas disini tidak hanya cerdas intelektual, namun juga cerdas emosional, spiritual dan sosial.

“Dalam upaya menciptakan insan yang cerdas dan disiplin ini, para pendidik pun dituntut mempertajam, rasa, dan karsa serta kahalusan budi peserta didik. Untuk menghadapi kompetensi dunia kerja secara global melalui proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan,” katanya.

Ditambahkannya, diperlukan suatu kesabaran seluruh pengelola pendidikan, sebab disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dari serangkaian prilaku yang memajukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban.

Atas prakarsa pelaksanaan PLDK Taruna dan Taruni SMKN 1 Luragung ini, Wabup mengungkapkan bahwa ini membuktikan inovasi dan kreatifitas tetap terjaga dan senantiasa terus ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan Drs. Dadang Supardan, M.Si. didampingi Kabid Dikmen Drs. Mulyana mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk pembentukan karakter peserta didik dalam rangka membangun disiplin, menumbuhkan kasih sayang antar sesama, pendidikan pendahuluan bela negara dan lainnya.

Bukan tanpa alasan, kegiatan seperti ini juga merupakan langkah untuk mengantisipasi para peserta didik agar tidak terjerumus pada situasi yang dapat menjadikan dirinya labil, diantarannya pergaulan bebas, tawuran, dan Narkoba.

Adapun lama pelatihan taruna-taruni yang dilakukan di SMK Negeri 1 Luragung selama 300 jam dengan pelatih dari Kodim 0615 dan dibantu Paskibraka dari kecamatan setempat. Alhamdulillah di usianya yang ke 3 tahun SMK ini sudah menjalankan program ini.

“Saya bangga melihat siswa-siswi yang begitu gagah dan memiliki jiwa yang semangat dan didukung dengan kemampuan akademisinya. Sehingga setelah lulus dari sekolah kejuruan ini diharapkan mereka bisa langsung diterima di dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja. Karena kemampuan mereka telah teruji baik mental maupun keilmuannya,” harapnya.

Dalam kesempatan ini turut hadir juga orang tua murid, Kasdim 0615 Mayor Inf. S. Koswara, Kepala Disdikpora Drs. H. Dadang Supardan, pengusaha sekaligus tokoh Luragung H. Ade, Kapolsek Luragung, Camat Luragung dan lainnya. (N)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: