Navigation

Penguatan Kelembagaan Litbang dan SDM Peneliti di Kabupaten Kuningan


Kamis, 16 September 2010 bertempat di Ruang Rapat Setda, Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima kunjungan kerja dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Badannya yaitu Drs. Soetirto, M.PM. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Drs. Nandang Sudrajat, seluruh Kepala SKPD, dan staf Kantor Litbang Kab. Kuningan.
Dalam sambutannya Ketua Rombongan Drs. Soetirto, M.PM menjelaskan kedatangannya ini bermaksud untuk mensosialisasikan PERMENDAGRI No.33 Tahun 2007 Tentang pedoman penyelenggaraan litbang di lingkungan Depdagri dan Daerah. Dalam pemamparannya Drs. Soetirto, M.PM menujelaskan bahwa Kondisi Litbang di daerah sekarang ini sangat lemah dalam koordinasi, alokasi dana yang tidak metodis, keterbatasan SDM, hasil tidak bias dijual, menjadi tempat parkir orang buangan politik, dalam melaksankan kegiatan cenderung memakai jasa pihak ketiga dan kurang mendapat dukungan dari SKPD lain. Sementara tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang baik sangat mutlak diperlukan. Oleh sebab itu perlu komitmen Pemimpin Daerah untuk mengeksistensikan peran Litbang harus optimal yaitu dengan 4 cara yaitu kompetensi, konsistensi, konsekuensi dan kondusifitas.
Dalam akhir sambutannya beliau menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui BKD untuk merekut CPNS khusus tenaga fungsional yang akan ditempatkan di Litbang, selain itu para PNS yang menjadi tenaga fungsional Litbang bisa pensiun di usia 65 tahun dan untuk mencapai golongan 4a tidak perlu waktu yang lama.
Dalam acara tersebut juga muncul forum diskusi diantaranya ketika Kepala BKD Kab. Kuningan mempertanyakan masalah aturan bagi tunjangan fungsional, selain itu ada juga pertanyaan dari Sekretaris DPRD Kab. Kuningan masalah persan serta Litbang dalam revisi UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Sementara dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab. Kuningan menyambut kunjungan kerja ini karena akan menjadi sarana penguatan Kantor Litbang Kabupaten Kuningan dalam mendukung roda pemerintah dan harus didukung implementasinya oleh seluruh SKPD dan Kantor Litbang Kab. Kuningan.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: