Navigation

Wagub Jabar Berikan Apresiasi Pembangunan di Kuningan







Setiap Minggu ribuan masyarakat Kuningan tumpah ruah di jalur car Free Day, Namun Minggu (26/9) jumlahnya semakin bertambah karena saat ini ada Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf didampingi Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda  yang turun ke jalan melakukan Car Free Day  mulai dari Bundaran Cijoho menuju taman Kota. Disamping berabaur dengan masyarakat Wagub Jabar juga meninjau langsung pembangunan Taman Tirta Sena, Jembatan Merah, Taman Kota, Pelebaran Jalan Kec. Cigugur dan Pembangunan Hutan Kota Bungkirit.

Dengan berjalan kaki menelusuri jalur kegiatan ini. Setiap ruas jalan begitu tampak masyarakat begembira ria menuangkan waktunya untuk berolahraga, bercekrama antar keluarga dan menyaksikan berbagai pagelaran dan lainnya. Saat itu  masyarakat yang hadir merasa lebih terhibur dengan kehadiran orang ke 2 di jabar ini.

Dalam perjalanannya Wakil Gubernur jabar  selalu melempar senyum dan jabat tangan, dia tampak tidak ada jarak dengan masyarakat Kuningan ini. Bahkan dirinya sesekali menyapa dan memberikan salam. Dan yang lebih mengagetkan lagi melakukan aktifitas senam bersama di depan Pendopo Setda dengan ribuan masyarakat, tentunya yang di domosili oleh kaum hawa tetapi tak sedikit juga kalangan remaja, anak dan lelaki turut turun kejalan untuk melihat langsung.

Disela-sela perjalanannya Wagub Jabar , mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar memberikan apresiasi Kepada Kabupaten Kuningan yang telah mengadakan  Program Car Free Day yang diprakarsai Bupati Kuningan. Dimana dalam pelaksanaanya dilakukan secara  konsisten dan berkelanjutan yang dapat mendukung upaya pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) 2013 dibidang lingkungan hidup.

“Kegiatan ini akan  menjadi  contoh bagi daerah-daerah lain untuk melakukan hal yang sama,” harapnya. Bahkan wagub menambahkan pelaksanaan Car Free tidak hanya dilakukan di hari minggu saja, melainkan di hari libur nasional lainnya.

Disamping itu, Wagub menghimbau kepada masayarakat Kuningan untuk senantiasa mendukung pembangunan yang telah dilakukan ini. Jangan sampai terjadi aksi perusakan atau corat-coret karena untuk membangun itu mahal. Hal ini ditekankan kepada generasi muda atau gang motor yang kerap kali berulah. Mudah-mudahan di Kuningan seperti ini tidak terjadi.

Dalam perjalanannya Wagub Jabar didampingi Bupati Kuningan dan Wakil Bupati Kuningan didampingi Unsur Muspida. Meninjau sekaligus mampir di Taman Tirta Sena yang belum lama diresmikan ini tidak hanya itu, disini juga ada jembatan merah dimana saat acara ini masyarakat berjubel menyaksikan Wagub diatas jembatan tersebut.

Tak sampai disana, perjalanannya di lanjutkan ke Taman Kota yang sudah menjadi bagian icon Kabupaten Kuningan. Disini juga tampak masyarakat Kuningan berjubel melakukan aktifitas olah raga sekaligus rekreasi. Ditambah lagi menikmati kuliner khas Kuningan.

Dilanjutkan lagi melihat langsung pembangunan Masjid Agung Syairul Islam yang sekarang pembungunannya sudah hampir selesai. Sekarang ini keberadaannya begitu megah dan lebih religius apalagi yang dulunya lahan parkir sekarang disulap menjadi taman yang indah. Disini wagub begitu kagum melihat pembangunan masjid. Dia mengharapakan kehadiran masjid ini akan lebih meningkatakan masyarakat Kuningan khususnya muslim untuk lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

Usai ke Taman Kota diteruskan meninjau lokasi Hutan Kota Kecamatan Kuningan yang terletak di kawasan Bungkirit, yang merupakan salah satu hutan kota percontohan yang nantinya akan menjadi lahan terbuka hijau yang berfungsi sebagai daerah untuk resapan air dan ruang terbuka untuk kegiatan konservasi sekaligus objek wisata.

Hutan kota seluas 1,5 ha ini,  mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat  sebesar Rp. 1,3M.adapun pembangunan yang ada diantaranya, pembangunan plaza utama seluas 24x13m, plaza kecil 24x4m. saung pandang utama 1buah, gazebo 2 buah, bangunan utilitas (wc) 1buah, lahan parkir dan pedestrian. Dismaping iru dibangun  jalan utama hotmik dengan lebar 3. Hasil akhir pembangunan  hutan kota ini akan selesai pada minggu pertama bulan oktober 2010.

Disela memandang panorama alam yang indah diatas bukit bungkirit, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf. Mengungkapkan ketakjubannya akan keindahan kota Kuningan. didukung pembangunan yang selalu memadukan dengan konsep Kabupaten Konservasi. Untuk itu kami memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Bupati Kuningan dan tentunya tak lepas juga atas dukungan masyarakatnya. “Saya melihat pembangunan di Kuningan dari ketahun terus ada perubahan. Ini merupakan inovasi pemerintah kabupaten yang perlu mendapatkan dukungan. Jadi sudah pantas jika Kuningan menjadi Kabupaten terbaik di Tingkat Jabar,”katanya.

“Dengan kehadiran Hutan Kota di beberapa kecamatan yang berada di Kuningan. Hal ini dapat dijadikan media pembelajaran untuk melakukan pendidikan lingkungan, terlebih lagi saya merasa takjub berada di salah satu hutan kota, yakni Hutan Kota Bungkirit ini,” ungkapnya sambil menikmati sejuk udara dan hijaunya dedaunan.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda  menyambut baik atas kehadiran Wagub jabar yang menyempatkan berbaur dengan masyarakat Kuningan melalui kegiatan Car Free Day. Semoga hal ini akan memberikan motivasi masyarakat Kuningan untuk senantiasa melakukan perubahan dalam pembangunan kea rah yang lebih baik.

Tak lepas juga terima kasih pada masyarakat yang telah memberikan dukungan program car free day , dimana setiap minggunya jalur ini selalu penuh. Hal ini merupakan wujud nyata bahwa apa yang dilakukan saat ini tujuannya untuk kepentingan masyarakat juga.

Bupati Kuningan menuturkan maksud dan tujuan program ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mewujudkan lingkungan bersih, nyaman, sehat, dan bebas sampah dan polusi udara. Sekaligus ajang silaturahmii, rekreasi, olahraga massal juga menghidupkan kembali permainan-permainan tradisional.(N).


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Masa divisi PEMKOT Kuingan pake BLOGSPOT sih?
    Apa gk ada anggaran untuk biaya hosting??
    Kan murah paling juga jatuhnya 500.000 ribu an per tahun?? hadooh ampuuun dah

    BalasHapus