Navigation

APARATUR PEDULI LINGKUNGAN ( APEL )




Kabupaten Kuningan yang akan menuju Kabupaten Kuningan benar-benar serius menata lingkungan, selain Pembangunan Kebun raya Kuningan, Pengantin Peduli Lingkungan, dan segudang program tentang lingkungan, kini ada lagi gagasan ide untuk rehabilitasi lingkungan yaitu Siswa Baru Peduli Lingkungan ( SERULING ). Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat konsen dan serius terhadap perkembangan lingkungan, Kabupaten Kuningan ingin menjadi Kabupaten yang hijau, terjaga lingkungannya, dan setiap jengkal tanahnya dipenuhi oleh tanaman-tanaman yang dapat menjaga ketahanan unsur-unsur yang ada didalamnya baik  unsur hara dan air.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Kuningan merupakan Kabupaten yang kaya akan air, beberapa Kabupaten yang ada disekitarnya sangat ketergantungan air kepada Kabupaten Kuningan, oleh karena itu Kabupaten Kuningan telah berkomitmen untuk menjaga lingkungannya sehingga memberikan manfaat untuk Kabupaten yanga ada disekitarnya.

Meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam kerangka Kabupaten Konservasi dengan berorientasi pada perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari yang merupakan penjabarab dari visi dan misi Kabupaten Kuningan menjadi dasar untuk program yang dicanangkan oleh Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kabupaten Kuningan yaitu Aparatur Peduli Lingkungan ( APEL ). Adapun tujuan dari pencangan Program APEL ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khhususnya aparatur pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, selain itu juga untuk meningkatkan upaya rehabilitasi lahan kritis, reklamasi lahan dan konservasi serta optimalisasi pendayaguanaan sumber daya hutan. Jelas Nurachim dalam laporannya.

Bupati Kuningan ketika mencanangkan Program APEL di Kawasan Kebun Raya Kuningan, yang didampingi oleh Wakil Bupati H. Momon Rochmana, Ketua TP PKK Hj. Utje Ch. Suganda, mengatakan, keseriusan dalam mencapai Kabupaten Konservasi, Pemerintah Kabupaten Kuningan telah mencanangkan berbagai program diantaranya Aparatur Peduli Lingkungan ini. Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat konsen terhadap pembangunan lingkungan terutama yang menyangkut rehabilitasi lahan-lahan kritis dan lahan kosong yang tidak produktif. Program APEL ini dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran aparatur terhadap lingkungan dengan cara penanaman pohon dilingkungan tempat tinggalnya.

Dengan dicanangkannya program APEL yang diawali oleh Badan Kepegawaian Daerah ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh aparatur di setiap SKPD dan masyarakat pada umumnya, tidak terbatas hanya pada bentuk penanaman pohon saja, tetapi juga penebaran ikan ataupun pelepasan burung. Sehingga pada akhirnya diharapkan dengan adanya program APEL ini tingkat kesadaran para aparatur untuk senantiasa menjaga lingkungan semakin meningkat. Pinta Aang.

Acara pencangan tersebut ditandai dengan ditanamnya pohon dikawasan Kebun Raya Kuningan oleh Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Ketua TPP PKK, serta para undangan dan peserta Diklat Sekdes yang diselenggarakan oleh BKD Kabupaten Kuningan. D

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: