Navigation

BUPATI BUKA PELATIHAN AKUNTANSI KOPERASI




Koperasi sebagai salah satu wadah perekonomian di Indonesia hendaknya bisa membuat perekonomian di Negara ini menjadi baik. Koperasi adalah asosiasi orang-orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip-prinsip Koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya yang rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya.
Koperasi bertujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan Koperasi. Menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pengertian Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Berdasarkan pernyataan diatas Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah merasa perlu untuk memajukan perkoperasiaan di Kabupaten Kuningan. Pelatihan Akuntansi bagi para pengelola Koperasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan Akuntansi bendahara koperasi, sedangkan arah dan tujuan mendorong koperasi agar menerapkan prinsip-prinsip koperasi dan kaidah bisnis yang sehat dalam melakukan usahanya. Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang peserta ini dialaksanakan di aula Koperasi Permata Kuningan.

Menurut Wartoyo Ketua panitia pelaksanaan kegiatan pelatihan mengatakan, pelaksanaan pelatihan ini diikuti oleh para bendaharawan koperasi, dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola koperasi dalam bidang akuntansi, kedepan para bendaharawan koperasi dapat lebih propesional lagi dalam mengelola koperasi sehingga Koperasi dapat berjalan dengan sehat dan dapat lebih mensejahterakan anggotanya.

Sementara itu Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda dalam sambutan pembukaannya mengatakan, Kabupaten Kuningan telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat dalam bidang Koperasi, yakni penghargaan Paramadhana Madya Koperasi. Hal itu menunjukan komitmen dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mengembangkan perekonomian daerah dengan berbasis kemersamaan dan kegotong royongan yang terhimpun dalam lembaga koperasi.

Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM pengelola menuju Koperasi yang sehat, tangguh, dan mandiri. Mengingat strategisnya peran koperasi dalam mempercepat target pencapaian IPM Kabupaten Kuningan, saya sangat berharap para pengelola koperasi untuk selalu peka terhadap peluang pasar, peka terhadap perkembangan teknologi dan informasi sehingga keberadaan koperasi di Kabupaten Kuningan akan mendukung percepatan pencapaian target IPM Khususnya daya beli masyarakat. Pinta Aang.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa sarana dan prasara waserba bagi koperasi berupa : etalase, rak engkel, dan rak double,  kepada : KUD Karya Mekar Kec. Selajambe, Kopontren Al-Istiqomah Kec. Cibingbin, Koptan Makmur Khusnul Kotimah Kec. Hantara, Kopwan Aisyah Kec. Nusa herang, Kopontren Darul Mutaalimien Kec. Cidahu, Koptan Tani Mukti Kec. Kramatmulya, Koptan Harapan Mulya Kec. Ciniru, Koppontren Al Amin Kec. Cibingbin, KSU Purwa Asih Kec. Kuningan, KPDK Kecamatan Kuningan.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: