Navigation

Bupati Tutup pelatihan SRI



Bertempat di Hotel Ayong Linggajati Kuningan (11/10) Bupati Kuningan secara resmi menutup pelatihan System Of Rice Intensification (SRI) yang diadakan oleh BP4K Kabupaten Kuningan.
KepaIa Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan kehutanan ( BP4K) Ir. H. Dodi Nurochmatuddin , MP.selaku  ketua panitia mengungkapkan bahwa  kegiatan pelatihan tersebut  diikuti oleh 64 pesertayang berasal dari 32 kecamatan di kabupaten Kuningan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan peserta dalam hal budidaya padi sawah dengan metoda sri khususnya bagi petani peserta kegiatan percontohan budidaya padi sawah dengan metoda sri. Sedangkan untuk materi yang diberikan kepada para peserta sebanyak 10 materi, diantaranya : kebijakan penyelenggaraan penyuluhan, kegiatan penyuluhan pertanian sri irs di 32 kecamatan, teknologi sri (pra tanaman dan pasca tanam), pertanian organik, pembutan pupuk organik dan pestisida nabati, sistem agribisnis, kelembagaan petani dan dinamika kelompok .
Sedangkan perwakilan dari peserta yang berasal dari kecamatan Selajambe mengungkapkan rasa terimakasihnya atas diadakannya kegiatan pelatihan tersebut dimana dia dan peserta lainnya mendapat pengetahuan dan berharap dapat menerapkannya dilapangan, selain itu juga dia meminta agar BP4K selalu memberikan bimbingan dan bantuan dalam penerapan di lapangan.
Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengungkapkan budidaya padi sawah dengan metoda sri merupakan sebuah paket teknologi yang akan dikembangkan lebih luas dikabupaten Kuningan, dimana metoda tersebut merupakan cara budidaya yang ramah lingkungan karena pupuk pestisida yang digunakan semua berasal dari bahan organis sehingga dalam pelaksanannya menganut prinsip konservasi.sehingga dengan menggunakan pupuk organik diharapkan tingkat struktur tanah akan lebih baik dan terhindar dari kemungkinan pencemaran tanah dan air.  Beliau juga berharap agar dengan adanya pelatihan tersebut para petani semakin terbantu dan dapat meningkatkan hasil pertanian.
“dengan telah dilaksanakannya peatihan ini, saya berharap dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petani terutama dalam mengaplikasikan prisip-prisip usaha pertanian yang ramah lingkungan, kepada seluruh peserta saya meminta, materi-materi yang telah diperoleh dari pelatihan ini  agar dapat dipraktekan dilapangan dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan dalam menjalankan usaha, kita diberikan kesehatan dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT” jelas Bupati Kuningan.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: