Navigation

CAR FREE DAY DIGELAR DI TINGKAT KECAMATAN




Minggu (24/10), sepanjang jalan lingkar kadugede penuh sesak dengan warga masyarakat yang dengan sengaja mengikuti kegiatan car free day, biasanya kegiatan car free day hanya digelar ditingkat kabupaten saja namun kini telah merambah ke tingkat kecamatan.
Ikut Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, Wakil Bupati Kuningan Drs. Momon Rochmana, MM, Sekretaris Daerah Drs. Nandang Sudrajat, Ketua DPRD H. Acep Purnama, SH.MH, Dandim 0615 Letkol Arm Mulyono, Kapolres Kuningan AKBP Dra. Hj. Yoyoh Indayah, M.Si, Camat Kecamatan Kadugede Yanuar Suyono , Sm, H.k.
“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program car free day yang telah dicanangkan ditingkat kabupaten    yang selama ini telah banyak manfaatnya dirasakan masyarakat sehingga kami tergerak untuk melaksanakannya ditingkat kecamatan,” Ujar Yanuar
Lebih lanjut Ia mengatakan, masyarakat kadugede saat ini memiliki jalan lingkar kadugede  bayuning yang cukup lebar dihiasi pohon pelindung kiri kanannya serta memiliki panorama indah disekelilingnya sawah, perbukitan hijau dan gunung ciremai menambah daya tarik pesona bagi masyarakat sehingga jalan lingkar ini disamping sebagai sarana perhubungan juga digunakan untuk olahraga jalan santai atau jogging, dan rekreasi.
Selain program car free day kami juga menindaklanjuti program kabupaten konservasi  yaitu dengan membentuk satgas relawan konservasi yang anggotanya direkrut dari orang-orang yang selama ini cukup handal sebagai kader peduli lingkungan, salah satu tugasnya yaitu menggerakan partisipasi masyarakat untuk memelihara serta melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan khususnya bidang konservasi.
Menurutnya, Pada saat ini kami telah membentuk badan kerjasama antar desa (BKAD) kecamatan kadugede salah satu tugasnya yaitu mensinergikan pembangunan lintas desa, menampung dan mengkomunikasikan aspirasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan partisipatif di kecamatan kadugede.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pengukuhan lembaga-lembaga tersebut serta panitia tetap car free day kecamatan kadugede.
Dalam sambutannya Bupati Aang mengatakan, masyarakat kecamatan kadugede patut berbangga karena merupakan kecamatan paling pertama di kabupaten kuningan yang pertama melaksanakan kegiatan car free day, sebelumnya kegiatan car free day hanya dilaksanakan ditingkat kabupaten saja namun dengan inisiatif serta kreatifitas dari masyarakat kadugede akhirnya kegiatan inipun dapat diselenggarakan ditingkat kecamatan sehingga patut di contoh oleh kecamatan lainnya.
Ia mengakui dulu ketika pembangunan jalan lingkar kadugede bayuning telah banyak menanam pohon kenari dan lainnya di sepanjang kiri kanan badan jalan dan sekarang telah dapat dinikmati keteduhan serta kenyamanan lingkungan.
Lebih lanjut Beliau berpesan kepada satgas konservasi yang baru dikukuhkan agar senantiasa ikhlas dan terus bekerja keras untuk menjaga lingkungan agar dapat tetap lestari tidak terjadi kerusakan-kerusakan lingkungan yang merugikan warga masyarakat itu sendiri serta kepada para panitia tetap car free day mengingat antusiasme warga masyarakat kadugede yang cukup tinggi terhadap kegiatan ini maka dituntut untuk kreatif agar kegiatan ini dapat terus berkesinambungan untuk menciptakan masyarakat yang sehat , masyarakat yang peduli lingkungan serta masyarakat yang mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan serta hidup bersih. (Bn)
    
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: