Navigation

Dana Rehabilitasi Perumahan Korban Gempa Segera Dicairkan


Beberapa kecamatan yang terkena bencana gempa di tahun 2009 mendapatkan bantuan dana rehabilitasi dan rekontruksi perumahan pasca bencana tahun 2010 tahap II sebesar Rp. 2.260.000.000,- yang diberikan langsung kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) melalui rekening masing-masing.

Asisten Pembangunan dan Kesra Drs. H. Yayan Sofyan didampingi Kepala Bagian Kesra Jatnika, SH. M.Pd.,menyebutkan, penerima bantuan bencana ini hasil dari perifikasi yang dilakukan Dinas Teknis atas kondisi kerusakan rumah pada bencana gempa yangg terjadi pada September 2009. Sebelumnya pada tahap I Desember 2009 telah diberikan bantuan pada 122 rumah yang rusak berat dan sedang sebayak 145 dari anggaran Pusat dan Provinsi. Sementara untuk rusak ringan sebanyak 472 mendapatkan bantuan dari APBD II.

Untuk tahap II ini jumlah dana Rp. 2.260.000.000,- yang disalurkan pada 8 kecamatan, dianataranya Selajambe, Ciwaru, Karangkencana, Ciniru, Cilebak, Subang, Hantara dan Darma dengan jumlah keseluruhan 172 rumah dengan kondisi berat 108, masing-masing mendapatkan 15 juta dan sedang 64 dengan bantuan sebesar 10 juta/rumah. Anggaran ini dari Provinsi, yang akan segera dicairkan melalui Pokmas masing-masing.

Dalam pelaksanaannya Bupati Kuningan dihadapan para camat penerima bantuan, Senin (11/10) diruang rapat kerja menegaskan, agar pelaksanaan bantuan ini mengacu pada juklak dan juknis. Hal ini dengan harapan semua pengelola bantuan tidak kena saksi hukum. Dan pelaksanaan di tahap II ini harus lebih baik lagi dibandingkan tahap I, baik kualitas bangunan nan maupun administrasinya.

Dijelaskannya, sejalan dengan Keputusan Bupati Kuningan Nomor : 466.1/KPTS.391-Kesra/2009, bahwa tugas pokok Kelompok Mayarakat (Pokmas),diantaranya menyusun struktur organisasi kepengurusan Pokmas, menyusun rencana teknis kegiatan, membuka rekening Pokmas pada Bank Pemerintah, membuat rincian anggaran biaya.

“Disamping itu, menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan kepada bupati melalui camat di wilayahnya masing-masing,”katanya. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: