Navigation

Uniku dan BKC gelar Kejuaraan Karate




Sebanyak 15 kontingen yang berjumlah 196 orang peserta, ikuti kejuaraan karate antar pelajar dan mahasiswa se-wilayah III Jawa Barat, Minggu (24/10). Acara yang merupakan hasil kerjasama Perguruan Karate BKC Cabang Kabupaten Kuningan dengan Universitas Kuningan tersebut berlangsung selama 2 hari (Sabtu - Minggu) di Gedung Student Center UNIKU Jalan Cut Nyak Dhien, Kabupaten Kuningan.
Hadir dalam acara pembukaan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadang Supardan, MSi., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs. Dikdik Hariadi, Msi, Pengurus FORKI Kabupaten Kuningan dan Dewan Wasit.
“Maksud dan Tujuan kejuaraan ini yaitu membangun dan membentuk karakter generasi muda yang tangguh serta menumbuhkembangkan semangat Bushido, menyalurkan bakat serta prestasi generasi muda sehingga terbentuk SDM yang berkualitas dan Potensial, serta menggalang persaudaraan dan kekeluargaan,” ungkap Yudi Nugraha selaku Ketua BKC Cabang Kuningan, didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Ivan Sofyan.
Adapun kelas yang dipertandingkan, lanjut Ia,  terdiri dari 30 kelas pertandingan yang terdiri dari 6 kategori : usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior, under 21 tahun, dan Senior yang akan memperebutkan hadiah berupa medali, piagam, thropy serta uang pembinaan.
Dalam sambutannya Kadisdikpora Drs. H. Dadang Supardan, Msi, mengatakan, konsep pembangunan olahraga yang dikembangkan oleh pemerintah, khususnya di Kabupaten Kuningan, seluruh kekuatan Pembina dan insan olahraga mengembangkan berbagai upaya untuk memasyarakatkan olahraga sebagai budaya dan kebutuhan masyarakat, baik dalam konteks peningkatan kualitas kesehatan, maupun pembentukan prestasi, khususnya olah raga yang memiliki jalur prestasi hingga tingkat internasional, seperti cabang Karate.
Masih menurutnya, hal tersebut dilakukan karena secara faktual Kabupaten Kuningan tengah mengejar posisi sebagai Kabupaten yang memiliki prestasi olahraga membanggakan diberbagai tingkatan, terakhir pada O2SN, Tim Basket Kabupaten Kuningan menjadi Juara I Nasional.
Untuk itulah, lanjut Ia, munculnya berbagai even kejuaraan cabang-cabang olahraga lokal, di Kabupaten Kuningan, termasuk kejuaraan karate antar pelajar dan Mahasiswa se-wilayah III Jawa Barat BKC - Uniku Cup I tahun 2010, adalah salah satu bentuk peran dan partisipasi sosial Universitas Kuningan terhadap potensi olahraga karate, yang secara nyata di wilayah III Jawa Barat ini sangat besar.
Kadisdikpora berharap, digelarnya even kejuaraan karate antar pelajar dan mahasiswa se-wilayah III Jawa Barat ini dapat memberikan kontribusi bagi usaha pengembangan peta kekuatan cabang olahraga karate nasional, yang saat ini tengah berjuang mengejar prestasi yang telah diraih negara lain, agar dalam kejuaraan dunia karate, Indonesia mampu berprestasi lebih baik lagi.
Sementara, Wakil Rektor III, Drs. Dikdik Hariadi menyampaikan terimakasih kepada pengurus cabang BKC dan berharap kerjasama ini menambah motivasi bagi seluruh insan olahraga untuk memacu prestasi yang lebih pesat serta kepada para peserta, Dikdik berpesan, terlebih pada peserta yang datangnya dari luar Kabupaten Kuningan Ia menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan kepercayaannya dan disertai harapan kiranya kejuaraan karate ini dapat dijadikan arena peningkatan kekeluargaan dan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan.
Hasil Kejuaraan Karate antar Pelajar dan Mahasiswa se-wilayah III BKC - Uniku Cup I, Juara Umum diraih oleh Kontingen  Kabupaten Indramayu, dengan meraih 9 Emas, 6 Perak dan 5 Perunggu.

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: