Navigation

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA DIGELAR DIHUTAN KOTA BUNGKIRIT



Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-82 tingkat kabupaten kuningan tahun 2010 digelar dihutan kota bungkirit, Kamis (28/10) Upacara peringatan HSP yang mengangkat tema “Mewujudkan pemuda nasionalis religius, bangkit bersatu menuju Indonesia sejahtera” diisi dengan pelepasan lomba gerak jalan se-kabupaten kuningan tersebut berjalan lancar dan khidmat. 
Sebanyak 84 regu peserta lomba gerak jalan tingkat SLTP/ MTS/SMA/SMK dan MA se-kabupaten Kuningan, yang diselenggarakan hasil kerjasama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kuningan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuningan tersebut secara langsung dilepas oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos.
Turut menghadiri Wakil ketua DPRD H. Toto Hartono, Ketua TP PKK Hj. Utje Ch Suganda, Sekretaris Daerah Kuningan Drs. Nandang Sudrajat, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Kuningan Siti Utari, S.H,M.Hum, Dandim 0615 Letkol Arm Mulyono, Wakapolres Rizal Martomo, Para Kepala SKPD Pemda Kuningan serta undangan lainnya.
Dalam sambutannya Bupati Aang mengatakan para pemuda memiliki peranan yang cukup penting dalam rangka mendukung tujuan pembangunan nasional serta dalam rangka menentukan kondisi dan nasib bangsa.
Menurutnya, pemuda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang, diharapkan mampu melanjutkan amanat untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Sejalan dengan hal itu serta tuntutan persaingan dalam era global, para pemuda dituntut untuk siap bersaing dengan mengembangkan kualitas melalui peningkatan semangat, kreativitas, pola pikir, disiplin serta keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.
Dengan partisipasi para pemuda Indonesia, melalui pandangan-pandangan yang visioner serta kedewasaan berpikir, agenda reformasi yang sedang dijalankan akan terwujud, sehingga akan terwujud pula masyarakat Indonesia yang madani di masa yang akan datang.
Lebih lanjut beliau berharap, dengan momentum ini pemuda diharapkan memiliki kreativitas sebagai bekal menjaga eksistensinya di tengah kehidupan yang kiat kompetitif dan kompleks. Pemuda diharapkan menjadi pilar terdepan yang kuat dengan semangat solidaritasnya, teguh integrasinya, serta professional dalam bidang pengabdiannya.
Para pemuda senantiasa mampu mentransfer semangat sumpah pemuda 1928 dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan bangsa, sehingga peringatan HSP tetap relevan dari waktu ke waktu.
Beliau meminta, kepada para pemuda di kabupaten kuningan untuk keluar dari penyakit transisi demokrasi, dimana orang cenderung menggunakan kebebasan secara tanpa batas. Dengan jiwa kepoloporan, daya intelektualitas dan potensi profesionalitas yang ada dalam diri pemuda, maka para pemuda akan mampu menempuh langkah kreatif untuk keluar dari penyakit transisi demokrasi.
Mengakhiri sambutannya Bupati Aang mengatakan, para pemuda kiranya dapat meresapi nilai-nilai sejarah dan semangat persatuan dan kesatuan yang terkandung dalam sumpah pemuda untuk mengembangkan watak nasionalis-religius, menjaga eksistensi Negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila dan UUD 45 yang ber-bhineka tunggal ika.(bn)    

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: