Navigation

7 desa terima alokasi Desa Peradaban.


Sebanyak 7 desa di Kabupaten Kuningan memperoleh alokasi program desa Mandiri dalam perwujudan desa peradaban, sebanyak 7 desa tersebut yaitu : desa Kaduela, desa Setianegara, desa Panawuan, desa Gresik, desa Luragung Landeuh, desa Darma, desa Cipondok Cibingbin dimana ke 7 desa tersebut berhasil terpilih melalui perjalanan panjang . Desa Peradaban sendiri merupakan program unggulan Jawa Barat dimana desa yang terpilih akan mendapat alokasi sebesar 1M.
Bertempat di ruang rapat Setda Kabupaten Kuningan pada hari Selasa (16/11) Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menyerahkan secara simbolis SP2D tahap pertama Program desa mandiri dalam perwujudan desa peradaban. Hadir dalam acara tersebut kepala BPMD kabupaten Kuningan. Drs. Kamil Ganda Permadi .MM para camat serta para kepala desa yang desanya terpilih dalam desa peradaban tersebut.
Bupati kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam arahannnya menjelaskan bahwa program desa mandiri dalam perwujudan peradaban merupakan salah satu upaya menciptakan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan masyrakat dalam memecahkan persoalan yang berkenaan dengan peningkatan kualitas hidup, kemandirian yang dinamis dan kesehjahteraan masyarakat, peningkatan kinerja pemerintahan desa dan peningkatan pastisipasi masyarakat dalam pembangunan sehingga diperlukan keterlibatan besar dari pemerintah desa dan masyrakat agar program desa membangun dapat mencapai sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Selain itu juga bupati berpesan kepada para kepala desa yang hadir agar dana yang besar tersebut harus digunakan sebaik-baiknya untuk membangun desa sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, dalam pelaksanaannya bupati juga mengharapkan agar melibatkan seluruh komponen pemerintah desa, BPD,LPM, Organisasi keswadayaan masyarakat setempat (OKMS) sesuai dengan fungsinya masing0masing serta manfaatkan pendamping lapangan pendampingh lokal dan selalu konsultasi dengan tenaga ahli dalam pelaksanaanya.
Selain hal tesebut diatas H. Aang Hamid Suganda meminta kepada para kepala desa yang hadir agar pelaporan dan administarsi keuangan dapat dikerjakan dengan dengan baik yang nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan laporan ke gubenur.
Diakhir arahannya Bupati Kuningan mengucapkan selamat bekerja kepada para kepala desa dan beliau berharap para kepala desa tersebut dapat melaksanakan tugas dengan baik sehingga bisa membawa nama baik desa serta kabupaten Kuningan ke tingkat provinsi Jawa Barat.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: