Navigation

BUPATI AANG WUJUDKAN KERJASAMA ANTAR DAERAH



Dalam rangka mewujudkan kerjasama antar daerah yang digagas oleh kabupaten kuningan, Sabtu (30/10) Bupati Kabupaten Kuningan H. Aang Hamid Suganda S.Sos didampingi wakil bupati H. Momon Rochmana MM, Asda pemerintahan Drs. Sadil Damini DJ serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mengadakan kunjungan ke Kabupaten Brebes.
Kerjasama antar daerah sesuai dengan amanat pasal 195 Undang-undang No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, Pasal 195 UU 32/2004 menyebutkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penyediaan pelayanan publik, daerah dapat mengadakan kerja sama dengan daerah lain atau bekerja sama dengan pihak ketiga yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, sinergi, dan saling menguntungkan Maksud kerjasama pembangunan antar daerah ini dalam rangka meningkatkan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan daerah, efisiensi pemanfaatan, dan pengembangan sumber daya yang mempunyai keterkaitan secara geografis dan saling menguntungkan.
Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat. Ruang lingkup kerja sama antar daerah ini meliputi bidang kependudukan, tenaga kerja, dan transmigrasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, perindustrian, perdagangan, koperasi, dan jasa. Selain itu, bidang perhubungan, informasi, telekomunikasi, transportasi, pariwisata, pertanian, perikanan, kelautan, peternakan, kehutanan dan perkebunan. Juga di bidang batas antar daerah, lingkungan hidup, ketentraman dan ketertiban umum, pemuda dan olahraga, pertambangan, energi, dan sumber daya mineral, serta tata ruang.
Pelaksanaan kerja sama antardaerah ini dimulai pada tahun anggaran 2011 dan semua biaya yang timbul sebagai akibat pelaksanaan kerja sama ini dibebankan pada APBD masing-masing daerah dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.
Rombongan Bupati diterima oleh Wakil Bupati Brebes H. Agung Widyantoro di pendopo kabupaten brebes, dari ekspos Wabup brebes, titik perbatasan brebes kuningan berada di Kecamatan Banjarharjo, Salem, Brebes dan kecamatan Cibingbin, kuningan.
Wakil bupati Brebes H. Agung Widyantoro mengatakan, umumnya wilayah perbatasan kurang mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah masing-masing, terutama perihal infrastruktur yang kurang memadai. “Kondisi jalan rusak, belum ada angkutan desa, topografi curam, badan jalan dari desa perbatasan ke tugu perbatasan masih tanah, sehingga memerlukan porsi perhatian lebih diantara ke dua kabupaten yang berbatasan“ ujarnya.
Sementara itu Bupati Aang mengatakan kunjungan ini selain untuk silaturahmi juga untuk menjalin kerjasama antar daerah perbatasan “Daerah perbatasan mesti kita perhatikan. Semua fasilitasnya perlu ditingkatkan, jangan sampai terlalu berbeda, “Ungkapnya.
Lebih lanjut Ia mengatakan telah memiliki konsep untuk membangun daerah perbatasan. Pada saatnya nanti, ia ingin seluruh kepala daerah perbatasan berkumpul di kabupaten kuningan. Ia berharap, gubernur Jawa Barat dan gubernur Jawa Tengah juga bisa hadir. Ia sendiri akan menghubungkan hal ini kepada para menteri terkait. “ Kebetulan saya duduk di Sekjen Apkasi Pusat insyaallah bisa di manfaatkan untuk mewujudkan kerjasama antar daerah perbatasan,”Pungkasnya. (bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: