Navigation

Idul Adha Melatih Kepekaan Kepedulian Sosial





Sudah menjadi agenda rutin setiap Hari Raya  Idul Fitri maupun Idul Adha Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda beserta Unsur Muspida Kuningan melaksanakan shalat hari raya tersebut di Masjid Syiarul Islam. Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha Bupati Kuningan atas nama Pemkab Kuningan menyerahkan satu ekor sapi kepada DKM Masjid Syiarul Islam, Rabu (17/11) di halaman masjid.

Sebelum pelaksanaan Shlat Idul Adha Bupati Kuningan dalam  sambutannya  menuturkan, dengan penuh tawadhu, kita kumandangkan takbir, Tahmid dan Tahlil mengagungkan Asma Allah dalam menyambut Idul Adha  1432 H,Hari Raya Umat Islam yang merupakan bagian dari sejarah Perjuangan Nabi Ibrahim Alaihis salam.

Dalam kesempatan ini Bupati Kuningan juga turut prihatin atas banyaknya musibah dan cobaan yang tidak henti-hentinya melanda sebagian wilayah Negara kita, yang telah menelan korban jiwa dan harta saudara-saudara kita.

Atas kejadian itu, Bupati Kuningan mengajak untuk senantiasa lebih banyak berdzikir,merenung, mendekatkan diri kepada Allah swt, supaya ujian berupa bencana alam itu segera berakhir.

Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini, begitu banyak hikmah yang dapat kita pelajari dari Nabi Ibrahim Allaihisallam yang diberi gelar Holiyullah (kekasih Allah), karena beliau sangat taqwa sehingga di uji oleh Allah swt. Dengan keteladannya harus mengorbankan putra tercintanya Ismail allahisallam.

Dikatakan Bupati Kuningan semangat perjuangaan Nabi Ibrahim telah memanggil kita, untuk melakukan kepedulian sosial dalam kehidupan bersama, terutama kepedulian dan tanggungjawab terhadap saudara-saudara kita yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.

“Disamping itu juga, kepedulian dalam meringankan beban yang mendapatkan ujian musibah bencana alam banjir banding di Wasior Papua, Tsunami di Kepeluan Mentawai Sumatra Barat dan meletusnya Gunung Merapi di Wilayah Yogya,”katanya.

Bupati Kuningan berharap agar ibadah sosial qurban dan sedekah dapat menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan. Sehingga dapat tertanam kasih sayang, hati dan rasa menyatu, bathin terikat diantara kita semua.

Kaitan dengan hewan qurban yang ada di Kel. Kuningan disebutkan  salah satu panitia DKM Masjid Syiarul Islam, bahwa jumlah hewan qurban yang terdaftar sebanyak tujuh ekor sapi dan seratus kambing, kemungkinan juga jumlahnya bertambah.

Situasi ruas jalan hingga pukul. 12.00 WIB masih terlihat sepi disamping menjalankan silaturahim antar keluarga dan kerabat. Melainkan disibukan juga dengan pelaksanaan pemotongan hewan qurban di setiap masjid dan RT. Seperti halnya yang dilakukan di RT/RW. 4 Kel.  Cijoho sebanyak dua ekor kambing. (N).

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: