Navigation

KABUPATEN KUNINGAN RAIH ANUGERAH TROPHY RAKSA NIYATA


Trophy dan Piagam Raksaniyata merupakan penghargaan dari Pemerintah dalam Program Menuju Indonesia Hijau sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kabupaten atas kinerjanya dalam penaatan peraturan perundang-undangan di bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan.
Sejak dicanangkannya Menuju Indonesia Hijau oleh Presiden RI pada hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2006 yang ditindaklanjuti oleh Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2006 Tentang Program Menuju Indonesia Hijau, Kabupaten Kuningan mengikutinya dan selalu masuk dalam 15 besar Kabupaten se Indonesia. Bahkan pada Tahun 2008 sempat mendapatkan Piagam Raksa Niyata karena masuk dalam 6 besar yang pada waktu itu diterima oleh Plh Bupati Kuningan, H. Ano Sutrisno dan pada tahun ini Kabupaten Kuningan bahkan berkesempatan mendapatkan anugerah Trophy Raksa Niyata yang sudah selayaknya didapatkan Pemerintah Kabupaten Kuningan atas kebijakan dan komitmennya dalam konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan, sampai dengan lahirnya deklarasi Kabupaten Konservasi.
Tidaklah mudah Pemerintah Kabupaten Kuningan melahirkan sebuah deklarasi bila dikaitkan dengan perbandingan antar luas wilayah dengan jumlah penduduk, minimnya pendapat daerah dan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Namun demikian dorongan dan kebijakan itu muncul tidak saja untuk kepentingan Kuningan tetapi dampaknya positifnya dapat dirasakan bagi wilayah sekitarnya dan Indonesia secara umum.
Pada akhirnya Kabupaten Kuningan sering dijadikan tujuan studi banding daerah lain se-Indonesia dalam Kebijakan Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Tidak sedikit program-program unggulan Kabupaten Kuningan yang diadopsi oleh daerah lain untuk diterapkan di daerahnya. Bahkan Kabupaten Kuningan dijadikan pilot/percontohan Kabupaten Konservasi tingkat Nasional oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.
Adapun Beberapa kebijakan dan upaya konservasi sumber daya alam serta pengendalian kerusakan di Kabupaten Kuningan diantaranya konservasi sumber daya air, konservasi sumber daya hutan dan lahan, konservasi keanekaragaman hayati serta pengendalian kerusakan lingkungan.
Trophy dan Piagam Raksaniyata rencananya akan diterima langsung oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos pada hari Senin 29 November 2010 bertempat di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.(bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: