Navigation

Warga Kadugede Marak Ikan di Sungai Cisanggarung




Ribuan warga Kec. Kadugede tumpah ruah mengikuti kegiatan peduli lingkungan yang dikemas dengan marak ikan bersama. Kegiatan ini digelar pengurus cabang Kec. Kadugede kerjasama dengan kecamatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI dan HUT Guru ke-17 . Selain manyaksikan marak ikan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda juga menabar binih ikan di sungai tersebut, Minggu (21/11).

Masyarakat Kadugede merelakan berbasah-basahan untuk melakukan marak ikan, tidak hanya orang dewasa bahkan perempuan, anak-anak, dan lanjut usia pun larut dalam kecerian untuk mendapatkan ikan. Hal ini dilakukannya bukan semata-mata ingin mendapatkan ikan tetapi dijadikan ajang bersuka ria untuk bermain air. 

Menurut panitia sekaligus pengurus cabang PGRI Kec. Kadugede  Dudung, kegiatan ini dilakasanakan sebagai upaya peduli lingkungan antara masyarakat dan guru. Terlebih lagi jika bicara kondisi sungai Cisanggarung memliki sejarah tersendiri sebagai tempat kaulinan ketika jaman dahulu. Sekarang fungsi sungai kembali diangkat lagi sebagai tempat bermain. Sehingga dengan dekatnya sama alam kita akan terbiasa untuk mencintai, selanjutnya memeliharnya.

Disamping itu, melalui kegiatan ini, dikatakan dudung,  bertujuan terjalinnya harmonisasi antara guru dan masyarakat, tetap utuhnya persatuan dan kesatuan gur dan dan dapat menumbuhkan motivasi kinerja guru.

Sementara itu Ketua PGRI Kuningan Opi, mengungkapkan, pada HUT PGRI ini telah dilakukan juga kegiatan Program Gumuling (Guru ngmumule Lingkungan). Dengan harapan melalui program ini guru dengan kompetensi sosialnya dapat bersama-sama masayarakat untuk terus melakukan gerakan melesatrikan lingkungan.

Dia juga menambhakan, bahwa kegiatan yang dilakukan sekarang yaitu ngobeng atau marak bersama ini merupkan bagian dari sosialisasi Perda 10 Tahun 2009 tentang pelesatrian ikan dan burung kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Sugana, S.Sos., mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan para guru yang telah berupaya melakukan pelestarian lingkungan ini. Semoga apa yang dilakukan sekarang, tidak hanya bermanfaat untuk hari hari ini melainkan untuk anak cucu kita juga.

“Saat ini wahana bermain di sungai mesti kembali dilestarikan supaya kita semua lebih merasa memiliki. Sehingga dengan sendirinya kita untuk memelihara sungai tersebut. Dan saya merasa senang melihat masyrakat bertumpah ruah mengikuti kegiatan marak bersama ini, kerana pada diri mereka bigitu tampak kecerian,” katanya sambil menabur binih ikan disungai.

Disamping itu, Bupati Aang juga berpesan kepada seluruh guru untuk membantu meningkatkan Indek Prestasi Pembangunan Manusia, karena bagaimana pun factor
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: