Navigation

10 PAGURON IKUTI PASANGGIRI IBING




Ibing Pencak Silat merupakan warisan leluhur kita terutama untuk tatar sunda. Warisan yang telah ada sejak puluhan tahun bahkan ratusan tahun yang lalu itu lambat laun mulai hilang karena adanya kebudayaan-kebudayaan modern yang dating dari berbagai Negara seiring dengan perkembangan teknologi dan fasilitas.

Untuk lebih membudayakan ibing pencak silat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang berkerjasama dengan Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa barat menggelar pasanggiri ibing pencak silat yang bertempat di Gelanggang Pemuda/Gedung KNPI komplek Taman Kota Kuningan.

Menurut Nana Sugiana Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuyaan Kabupaten Kuningan, Tujuan dari diselenggarakannya Pasanggiri Ibing Pencak Silat ini adalah untuk lebih menanamkan jiwa cinta terhadapa Budaya terutama Ibing pencak Silat di Kabupaten Kuningan. Selain itu juga untuk lebih memberikan nuansa kompetisi bagi para perguruan Silat yang ada di Kabupaten Kuningan, mengingat banyak sekali perguruan silat yang ada di Kabupaten Kuningan. Pasanggiri ini diikuti oleh 45 peserta dari 10 paguron. Jelas nana

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H. Momon rochmana menegaskan bahwa, Pemerintah Daerah sangat menyambut baik dengan diadakannya pasanggiri Ibing Pencak Silat ini, karena Budaya yang ada saat ini lambat laun mulai memudar sehingga perlu diadakan semacam kompetisi untuk merangsang kembali budaya-budaya kita yang sangat beragam sehingga budaya itu tetap mengakar.

Selain itu juga pasanggiri ini tentunya harus diadakan untuk para usia muda, agar para generai kita juga mengetahui budaya-budaya warisan para leluhurnya sehingga budayaitu tetap ada dan tidak pudar oleh budaya-budaya asing yang masuk melalui berbagai media. Pinta Momon.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: