Navigation

Car Free Day Merambah Ke Kecamatan Pancalang



Program Car Free Day yang semula hanya terpusatkan di  Jalan Bundaran Cijoho-Siliwangi, kini sudah mulai merambah ke tingkat kecamatan setelah Kecamatan Kadugede.  Kec. Pancalang kembali menyusul untuk melakukan program  Car Free Day dengan mengambil jalur 1 km mulai dari Simpang Tiga Tajur Rajawetan –Simpang Empat Desa Pancalang.

Minggu (4/12), Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mencanangkan langsung program tersebut, sekaligus turut serta melakukan jalan santai bersama masyarakat dan anak sekolah.  Turut  hadir Ketua DPRD Kuningan, Unsur Muspida, Perwakilan Kapolres Kuningan dan lainnya.

Dalam kesempatan ini Camat Pancalang Dra. Eni Nuraeni menuturkan, kegiatan Car Free Day atau bebas polusi  emisi kendaraan roda dua dan roda empat ini merupakan turut serta masyarakat Pancalang untuk bersama-sama memperhatikan faktor lingkungan. Disamping itu memberikan kesempatan kepada warga untuk melakukan olah raga dan mengembalikan lagi tradisi mainan anak-anak tempo dulu, misalnya odot-odotan, dadaluan, engkrang  dan jenis lainnya.

Dia juga mengatakan, Program ini dicanangkan bersamaan dengan Hari Ulang  (HUT) ke-10 Kec. Pancalang, semoga selain menyehatkan dan memberikan kemudahan untuk berekprsi melainkan juga sebagai media silaturahim untuk mempererat kebersamaan antar warga.

Semakin berkembangnya program Car Free Day di tingkat Kecamatan, Bupati Kuningan memberikan apresiasi terutama Kec. Pancalang. Bupati Kuningan mengungkapkan , Kecamatan Pancalang merupakan Kecamatan yang kedua setelah Kadugede. Ini merupakan sebuah respon yang positif dari warga masayarakat Pancalang akan kesadaran terhadap alam dan lingkungannya.” Dan semoga diikuti oleh Kecamatan lainnya,”harapnya.

Pelaksanaan Program Car Free Day di Kuningan mengacu kepada Keputusan Bupati Kuningan Nomor 551/KPTS.380-Ekonomi/2009 tentang  kawasan bebas sampah dan kendaraan bermotor.  Adapun tujuannya dijelaskan Bupati Kuningan, yakni sebagai upaya untuk mengefektifkan dan mengintegrasikan kembali sifat peduli lingkungan kedalam nilai budaya dan kearifan local masyarakat Kab. Kuningan.
Untuk mendukung kegiatan ini, Bupati Kuningan mengharapakan semua komponen yang ada untuk saling mendukung kelangsungan kegiatan ini. Untuk itu mulai sekarang jalur ini penanaman pohonnya harus ditambah lebih banyak, dan pendirian  bangunan pun mesti mendapatkan izin supaya lebih tertata lagi.

“Untuk itu semangat membangun ini tidak hanya faktor lingukungan melainkan juga Infrastruktur, kesehatan, pendidikan  dan lainnya. Sehingga hal ini akan menjadikan pembangunan merata di semua bidang. Kuncinya semua komponen harus bersatu,”katanya.

Usai pencanangan Bupati Kuningan  melepas juga kegiatan jalan santai ceria. Yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT pancalang ini. Adapun kegiatan lain yang telah dilakukan yakni, Donor Darah dan Bhakti sosial dengan K3S Kuningan. Sementara kegiatan yang akan dilakukan Sunatan Masal dengan mendatangkan sekitar 50 anak, Turnamen Bola Voly. Dan acara puncak rencananya akan dilaksanakan  tanggal 12 Januari 2010 sekaligus menggelar Nikah Massal yang diikuti sebanyak 18 pasangan. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Mandirancan kayanya harus ngikutin neh tapi...keder euy dialihkannya lewat mana ya...tu kan jalur utama...(ada saran)

    BalasHapus