Navigation

Kuningan Peringati Hari Ibu




Tanggal 22 Desember merupakan  tanggal yang bersejarah bagi kaum ibu di Indonesia, setiap tanggal tersebut bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari Ibu. Peringatan hari ibu  oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu istri maupun sebagai warga Negara, warga masyrakat dan sebagai abdi Tuhan yang Maha Esa serta sebagai pejuang dalam merebut, negakan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.
Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Kuningan di pusatkan di gedung DPRD kabupaten Kuningan. Acara yang dimulai dengan pembacaan sejarah Hari Ibu oleh Ketua GOW Kabupaten Kuningan. Hj. Rini Sarjono SE, MM  tersebut  dihadiri oleh Bupati Kuningan. H. Aang Hamid Suganda, Wakil Bupati Kuningan. H. Momon Rochmana, Ketua, Wakil Ketua DPRD dan segenap anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Muspida dan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, kepala Instansi vertical, BUMN dan BUMD,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, Ketua Dharma wanita persatuan, Ketua GOW, dan para undangan.
Dalam laporannya ketuan Panitia Peringatan Hari Ibu Hj. Ika Acep Purnama mengungkapkan bahwa peringatan Hari Ibu tahun 2010 merupakan peringatan yang ke 82 dengan mengambil tema “kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk membangun karakter bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan bermartabat” . , Hj Ika Acep Purnama juga menuturkan bahwa peringatan Hari Ibu di Kabupaten Kuningan diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya Kegiatan sosial yaitu Pangobatan gratis yang bekerjasama dengan RS Juanda yang dilaksanakan di dua lokasi yaitu di desa Haurkuning, kecamatan Nusaherang dan desa Kadugede kecamatan Kadugede, seminar kewirausahaan yang bertempat di gedung SKB Kabupaten Kuningan, Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI kabupaten Kuningan, kegiatan kursus menjahit yang bekerjasama dengan Disnakertransos kabupaten Kuningan  dan kegiatan senam massal pada acara car free dan ziarah  ke taman makam pahlawan  Haurduni Kuningan pada tanggal 21 Desember, dan acara yang akan dilaksanakan yaitu pada tanggal 24 Desember akan diadakan gerakan penanaman sejuta pohon yang berlokasi di Desa Padabeunghar kecamatan Pasawahan yang bekerjasama dengan dinas Hutbun kabupaten Kuningan, bedah rumah di desa Haurkuning kecamatan Nusaherang, dan Khitanan masal yang akan dilaksanakan di desa Cibunut kecamatan Ciniru.
Selain itu juga Hj. Ika Acep Purnama menyampaikan aspresiasi dan kebanggan kepada Hj. Utje Ch. Suganda yang telah mendapat penghargan dari pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemerhati penyandang cacat di kabupaten Kuningan. “Kami juga bangga sekarang kaum perempuan di kabupaten Kuningan telah banyak yang berprestasi dan dapat menduduki posisi strategis diantaranya kita punya Kapolres dan Kajari perempuan, kepala dinas dan camat perempuan serta beberapa kepala desa perempuan” Kata Hj Ika Acep Purnama.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya menuturkan bahwa peringatan hari ibu yang dilaksankan setia tanggal 22 Desember, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. H. Aang Hamid Suganda juga  menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang ingin dicapai dalam peringatan Hari Ibu tahun 2010 yaitu: kaum perempuan mampu meningkatkan kiprah dalam berbagai aspek kehidupan berkelurga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional yang berkelanjutan guna tercapainya tujuan pembangunan nasional serta terwujudnya keadilan serta kesetaraan gender, membangun karakter moral dan pekerti bangsa guna menuju Indonesia yang adil, demokratis, aman dan damai serta sejahtera, meningkatkan kualitas hidup perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, mendorong peningkatan keterwakilan politik perempuan dan pengambilan keputusan public melalui pemilu, menghapuskan dan melindungi perempuan dari segala bentuk kekerasan termasuk perdagangan orang terutama perempuan dan anak, meningkatkan peran serta instansi pemerintah, non pemerintah, masyarakat, swasta dan dunia usaha dalam meningkatkan produktifitas ekonomi perempuan guna menanggulangi kemiskinan.
Diakhir sambutannya H. Aang Hamid Suganda mengucapkan selamat Hari Ibu dan berharap Ibu-ibu yang ada dikabupaten Kuningan mampu menjadi elemen utama dalam pembangunan di Kabupaten Kuningan.
Dalam acara peringatan Hari Ibu itu juga diserahkan penghargaan kepada para ibu yang dianggap telah menjadi pahlwan keluarga, mereka dianggap mempunyai semangat yang luar biasa dengan keterbatasannya tidak menyurutkan semangat untuk terus berjuang dan bekerja keras demi kelangsungan hidup keluarganya, mereka yaitu : Ibu Icah dengan usia 74 yang berprofesi sebagai tukang serabi, ibu Habsah yang berprofesi sebagai pemecah batu, ibu Umi berprofesi Buruh Tani, Ibu Apun pembuat Kulit Ketupat, Ibu Een Nuraeni yang berprofesi sebagai tukang pijat dan dukun bayi, ibu neni pembantu rumah tangga, Ibu Nani Sukarni instruktur senam, ibu Juju yang berprofesi sebagi tukang Surabi, Ibu Uhat yang berprofesi sebagi Buruh Bangunan dan Kemit desa, Ibu Inah Rakim sebagai Tukang Batu dan Ibu Wati yang berprofesi sebagi tukang serabi .
Selamat Hari Ibu…………..



Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: