Navigation

PENCANANGAN GERAKAN PENANAMAN 4000 POHON TANAMAN TREMBESI



Dalam upaya mendukung kuningan sebagai kabupaten konservasi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Kuningan, Kamis (16/12) menggelar acara pencanangan gerakan penanaman 4000 pohon tanaman trembesi di UPT BP3K Kecamatan Darma.
Selain itu BP4K beserta seluruh penyuluh kehutanan dan penyuluh pertanian di 15 UPT  BP3K akan melaksanakan penanaman 8 jenis bibit sejumlah 1470 pohon bantuan dinas kehutanan dan perkebunan kabupaten kuningan.  
“Sekitar bulan mei 2010, kami menerima biji trembesi bantuan presiden RI dan selanjutnya kami sebarkan untuk penyemaiannya ke 15 UPT BP3K”. Terang Ir. H. Dodi Nurochmatudin,MP selaku Kepala BP4K Kabupaten Kuningan.
Perkembangan persemaian trembesi  lanjut Ia, sampai saat ini telah tumbuh sejumlah 16.139 pohon yang sudah siap tanam dengan tinggi tanaman kurang dari 50 cm berjumlah 8.222 pohon,  pohon trembesi tersebut akan dialokasikan penanamannya pada 15 kantor UPT BP3K masing-masing 16 pohon, di 376 desa/kelurahan masing-masing 10 pohon, sedangkan untuk lokasinya penanaman di kanan-kiri jalan desa dan lahan-lahan yang secara teknis cocok ditanam pohon trembesi.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kuningan melalui Assisten pemerintahan setda kabupaten kuningan  Drs Sadil damini DJ menyambut positif prakarsa dan inisiatif BP4K dalam mengimplementasikan kuningan sebagai kabupaten konservasi.
Menurutnya, telah banyak bergulir program-program pengelolaan hutan  dan lingkungan baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah kabupaten kuningan sendiri sebagai langkah-langkah dalam upaya percepatan pemulihan lahan-lahan yang kondisinya rusak (kritis atau tidak produktif).
Dengan adanya pencanangan gerakan penanaman  4000 pohon tanaman trembesi ini akan menambah banyak langkah-langkah dalam upaya penyelamatan hutan dan lingkungan sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya nanti  pendistribusian serta penanaman pohon-pohon trembesi dapat dilakukan dengan merata dan pemeriharaannyapun dilakukan dengan baik.
Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis pohon trembesi kepada camat kecamatan darma, camat kecamatan nusaherang dan kepala desa cageur serta penyerahan tiga (3) unit sepeda motor dinas bantuan kementrian kehutanan RI kepada para penyuluh kehutanan berprestasi.
Hadir dalam acara tersebut Kepala BP4K Ir. H. Dodi Nurochmatudin,MP, camat kecamatan Darma Drs Sadudin, M.Si, camat kecamatan nusaherang, muspika kecamatan darma serta undangan lainnya.(Bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: