Navigation

PRESTASI KUNINGAN / BUPATI KUNINGAN (Periode 2004 – Desember 2010)

 
I.    PENGHARGAAN  TAHUN  2004

1.      Piagam Penghargaan Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka PON XVI   sebagai manager Bola Basket Jawa Barat, pada tanggal  14 September 2004.
2.      Piagam Penghargaan dari KONI Jabar sebagai Tim Manager Cabang Olahraga Basket dalam PON XVI di Sumatera Selatan. Pada tanggal 15 September 2004
3.      Tanda penghargaan Lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka. Pada  Bulan  Juli 2005.
4.      Piagam Penghargaan dan Medali Perjuangan Angkatan – 45 dari Dewan Harian Nasional Angkatan 45 atas peran serta pengabdiannya sebagai Ketua Dewan Harian Cabang 45 Kabupaten Kuningan dalam upaya melestarikan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45. Pada tanggal 17 Agustus 2004.

II.    PENGHARGAAN  TAHUN  2005

1.      Pemberian Anugerah Kepemudaan Tahun 2005 tingkat Nasional ini dilaksanakan bersamaan dengan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-77 bertempat di Gedung Pemuda Jalan Kramat Jakarta diserahkan langsung oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia H. Adhyaksa Dault. Pada tanggal  28 Oktober  2005.
2.      Penghargaan sebagai Kabupaten Tercepat Pelunasan PBB se- Propinsi Jawa Barat


III.    PENGHARGAAN  TAHUN  2006

  1. Bupati Kuningan menerima penghargaan  sebagai  Pembina Peduli  Kehutanan  Terbaik  Pertama Tingkat Propinsi  Jawa Barat tahun 2006 dari Gubernur Jawa Barat diserahkan saat peringatan Hari Krida Pertanian di Blanakan Subang.
  2. Penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang memberikan perhatian terhadap anak  dengan mengeluarkan Perda Pembebasan  Akte Lahir Anak. Pada tanggal 23 Juli  2006.
  3. Penghargaan dari Presiden RI sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang memberikan perhatian terhadap anak  dengan mengeluarkan Perda Pembebasan  Akte Lahir Anak diserahkan pada puncak Peringatan Hari Anak Nasional di TMII Jakarta. Pada tanggal  23 Juli  2006.
  4. Penghargaan Anugerah Aksara dari Menteri Pendidikan Nasional dalam upaya percepatan pemberantasan buta huruf di Kabupaten Kuningan dalam rangka peringatan Hari Aksara.
  5. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat diserahkan Senin, 28 Agustus 2006 di Jakarta.
  6. Desa Sehat juara ke- III tingkat nasional  diwakili oleh Desa Sembawa Kec. Jalaksana.
  7. SMPN I Luragung   sebagai  Sekolah Sehat terbaik Tingkat Propinsi Jawa Barat dan Kategori Terbaik Tingkat Nasional
  8. PPK – IPM  mendapat dana sebesar 20 Miliar untuk satu tahun  selama 2 tahun
  9. Penghargaan Siaga Award dari Gubernur Jawa Barat untuk Kabupaten Kuningan.
  10. Piagam Penghargaan dari Menteri Kehutanan RI sebagai Bupati Terbaik I Tingkat Nasional Peduli Kehutanan. Pada tanggal  6 Desember 2006.
  11. Penghargaan dari Wakil Presiden RI sebagai kabupaten terbaik dalam pelaksanaan GRLK diserahkan di Mataram, NTB.
  12. Penghargaan  sebagai desa  lingkungan  bersih  dan sehat   terbaik  I tingkat  Propinsi  Jawa Barat  diwakili  Desa Peusing 

IV.    PENGHARGAAN  TAHUN  2007

  1. Desa Lingkungan  Bersih  dan Sehat  Terbaik  I tingkat  Propinsi  Jawa Barat  diwakili  Desa Peusing, Kacamatan  Jalaksana.
  2. Anugrah  Adiwiyata  Utama oleh  SMAN  1 Mandirancan  dan  Anugrah  Calon  Model  Adiwiyata  Utama oleh  SMPN 1 Luragung
  3. Penghargaan  Pakarti  Utama  pelaksanaan  terbaik  2 tingkat  Nasional  Desa lingkungan  bersih   dan sehat, diwakili  Desa Peusing  Kecamatan  Jalaksana.
  4. Penganugrahan  Bintang Satya Lencana  Pembangunan  Pertanian  oleh  Presiden RI  kepada Bupati  Kuningan. Penghargaan  diberikan  Presiden  RI  atas keberhasilan  dalam  melaksanakan   Intensifikasi  Budidaya Ternak  Domba dan Sapi. Sehingga  produktifitas meningkat  tajam. Bulan  Juli  2007.
  5. Penghargaan  dari  Departemen  PU sebagai  Kabupaten  yang  berhasil  melaksanakan  pembangunan dan  jembatan  jalan.
  6. Penghargaan  dari  Departemen  PU sebagai  Kabupaten  yang berhasil  melaksanakan  pembangunan  irigasi terbaik.
  7. penghargaan  dari  Gubernur  Jawa Barat  sebagai  Kepala Daerah  yang  menerapkan Pelayanan  Perizinan  1 pintu.
  8. Penghargaan  kepada BPP  Cilimus  sebagai  Unit  yang  memberikan  pelayanan terbaik  di  Lingkungan  Pertanian/Peternakan  se Jawa Barat.
  9. Penghargaan  dari Gubernur Jawa Barat  sebagai  pemenang  Wajardikdas  Award Cluster  B dan Vocational.
  10. Penghargaan Bintang LVRI dari DPP LVRI pada 31 Desember 2007

IV.    PENGHARGAAN  TAHUN  2008

  1. Bapak Otomotif  Kuningan  dari  Paguyuban  Otomotif Kuningan (Patok). Pada Bulan  Januari 2008.
  2. Tokoh  Otomotif Jabar  dari  Pengda  Ikatan  Motor Indonesia Jabar. Pada Bulan  Januari  2008.
  3. Person of the year dari Radar Cirebon tahun 2007
  4. Meraih Penghargaan  ADIPURA pada peringkat  pertama   yang  diberikan  langsung  oleh Presiden RI  kepada Bupati  Kuningan. Pada tanggal 6 Juni 2008. Atas keberhasilan dalam mewujudkan  tata pemerintahan  yang  baik (good government) dan lingkungan  hidup yang baik (good environment).
  5. Anugrah  Adiwiyata  Utama oleh  SMAN  1 Mandirancan  dan SMPN 1 Luragung
  6. Meraih Penghargaan  Satyalancana Wirakarya dari Presiden RI atas keberhasilan di bidang Keluarga Berencana 23 Juni 2008.
  7. Penghargaan Lencana Jasa Utama dari PMI Pusat
  8. Pemenang 1 Lomba Desa tingkat Propinsi Jawa Barat diwakili Desa Panawuan.
  9. Meraih Penghargaan Anugerah Aksara Utama atas upaya pemberantasan Buta Huruf di Kabupaten Kuningan.
  10. H. Aang Hamid Suganda Selaku ketua Majelis Pembina Cabang (mobicab) Pramuka Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan dari Kwartir Nasional berupa Lencana Melati No. 903/2008 yang disematkan pada hari kemerdekaan ke-63 RI di Jakarta.
  11. Meraih Penghargaan Raksaniyata Menuju Indonesia Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup RI
  12. Meraih Penghargaan P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional) di atas 5% dari Presiden RI
  13. Person of The Year 2008 dari Harian Radar Cirebon untuk yang ke-dua kalinya bagi Bupati H. Aang Hamid Suganda


V.  PENGHARGAAN TAHUN 2009


  1. Penghargaan KUA terbaik Tingkat Provinsi  Jawa Barat dari Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Barat  diraih oleh KUA Lebakwangi  kecamatan Lebakwangi
  2. Penghargaan Adipura  untuk ke 2 kalinya berturut turut dari Presiden RI pada Juni 2009
  3. Penghargaan Adiwiyata dari Presiden Republik Indonesia untuk SMAN 1 Mandirancan, SMPN 1 Luragung dan SMPN 2 Pasawahan
  4. Kabupaten Kuningan dianugerahi Penghargaan Kabupaten Terbaik Dalam Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB 2008 dari Gubenur Jawa Barat.
  5. Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada bulan Juli 2009
  6. Penghargaan Puskesmas Teladan Tk. Jawa Barat Diraih Oleh Puskesmas Kecmatan Garawangi
  7. Penghargaan Kepada Bupati Kuningan dari Gubenur Jawa Barat sebagai Penggerak Percepatan Buta Aksara serta Percepatan Pengalokasian Anggaran PNF-I .
  8. Satya Lencana Bidang Pelestarian Lingkungan diraih oleh LSM AKAR Kuningan, diberikan langsung oleh Presiden RI.
  9. Penghargaan PDAM  Perpamsi Awards 2009 dari Kementrian PU. Penghargaan terhadap Kabupaten yang peduli pada peningkatan pelayanan air bersih pada masyarakat.
  10. Penghargaan juara I Nasional Lomba Cerdas Cermat Remaja diraih oleh PIK KRR Kabupaten Kuningan.
  11. Raskin Awards. Diberikan oleh Menko Kesra RI H. Agung Laksono. Raskin Awards merupakan Penghargaan terhadap Kabupaten yang berhasil dalam penyaluran  beras raskin dan kelancaran pembayaran tanpa tunggakan
  12. Person Of the Year dari HU Radar Cirebon untuk yang ke 3 kepada Bupati  Kuningan H. Aang Hamid Suganda.

TAHUN 2010.

1.      PGM Awards dari Persatuan Guru Madrasyah Provinsi Jawa Barat kepda bupati Kuningan diserahkan Pada HAB Depag. 4 Januari 2010
2.      Penghargaan dari Provinsi Jawa Barat sebagai juara pertama kategori pemungutan dan pengelolaan  administrasi PBB
3.      Penghargaan Adipura dari presiden  ke 3 kalinya secara berturut-turut
 Ket :  Sudah ketiga kalinya Bupati Kabupaten Kuningan H. Aang Hamid Suganda. S. Sos, menerima pengharagaan Adipura dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono secara berturut-turut di Istana Negara Jakarta, Selasa (8/6). Bersamaan dengan itu pula Kepala Sekolah SMPN 1 Luragung Kabupaten Kuningan Drs. H. Ebon Shobari, M.Pd juga menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penataan lingkungan sekolah.
4.      Penghargaan dari Gubenur JawaBarat Sebagai Bupati Peduli Lingkungan
5.      Penghargaan Car Free Day
Ket :    Mendapat Apresiasi dari Gubernur Jawa Barat melalui Surat Nomor 660.1/2197/OPSHS tanggal 31 Mei 2010 perihal Pemberian Penghargaan dan Apresiasi terhadap Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda yang telah berinisiatif untuk melaksanakan Kegiatan Car Free Day, secara konsisten dan berkelanjuta yang dapat mendukung upaya pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) 2013 dibidang lingkungan hidup dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk melakukan hal yang sama.
6.      Penghargaan terhadap Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda dari gubenur Jawa Barat  tentang Kepedulian terhadap Lansia.
7.      Paramadhana Madya Koperasi sebagai kabupaten Koperasi Penggerak koperasi tahun 2010 dari kementrian Koperasi, Usaha kecil dan Menengah RI
Ket: Keberhasilan perkoperasian di Kabupaten Kuningan  berbuah pengharagaan dengan diraihnya Paramadhana Madya Koperasi sebagai Kabupaten penggerak Koperasi, dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Dr. Sjarifudin Hasan, MM., MBA., yang diterima langsung Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana di Gedung SMES’CO, Jakarta Rabu (28/7). Penghargaan ini diberikan kepada 44 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sementara  untuk Jabar hanya Kuningan yang meraih penghargaan sekaligus yang pertama dalam bidang perkoperasian.
8.    Penghargaan Kadin Jabar Award 2010 yang diserahkan oleh menteri Perindustrian dan Perdagangan RI : Ms. Hidyat.  Nomor : SKEP/KU/XI/2010 Tentang Penghargaan Kepada para kepala daerah Bupati dan Wali Kota oleh Kadin Jawa Barat.yang telah membina dan meningkatkan peran serta para pelaku usaha anggota Kadin.
9.    Trophy dan Piagam Raksaniyata merupakan penghargaan dari Pemerintah dalam Program Menuju Indonesia Hijau sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kabupaten atas kinerjanya dalam penaatan peraturan perundang-undangan di bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan.
10. Hj. Utje Ch. Suganda  mendapatkan piagam penghargaan atas perhatian, jasa dan karyanya terhadap upaya peningkatan taraf hidup dan martabat para penyandang cacat di Kabupaten Kuningan. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Gubernur Jabar No.002/Kep.1691-BKD/2010.
11.Penghargaan Anugrah Pengembangan Kota Hijau dari Kementrian Pekerjaan Umum, tanggal 7 Nopember 2011 atas jasanya menciptakan kota yang ramah lingkungan, mampu memanfaatkan secara efektip dan efesien sumber daya air dan mineral, mengurangi limbah, menerapkan trasportasi terpadu serta menjamin kesehatan lingkungan alami.

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: