Navigation

Bulan dana PMI “Ciawigebang jadi juara umum”



Bertempat aula Bank Jabar Banten  pada Rabu (26/1) Bupati kuningan H. Aang Hamid Suganda menutup  Bulan dana PMI Kabupaten Kuningan tahun 2010 sekaligus menyerahkan penghargaan kepada Dinas, Instansi, Lembaga, Badan dan kecamatan terbaik dalam pelunasan dan percepatan bulan dana PMI.  Hadir dalam acara tersebut hadir  unsur Muspida Kabupaten Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kuningan,  Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan H. Nandang Sudrajat yang juga selaku ketua panitia bulan dana PMI, Ketua PMI Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, para kepala SKPD se-kabupaten Kuningan, para Camat dan Pimpinan BUMD/BUMS se- kabupaten Kuningan.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan yang juga Ketua Panitia bulan dana PMI Kabupaten Kuningan Drs. H. Nandang Sudrajat menjelaskan  bahwa bulan dana PMI dilaksankan selama tiga bulan mulai bulan September sampai dengan Desember 2010, sedangkan ununtuk pemeberian penghargaan diberikan kepada kepada Dinas, Instansi, Lembaga, Badan dan kecamatan terbaik dalam pelunasan dan percepatan bulan dana PM dimana untuk kategori nilai Rp. 6,5 Juta untuk juara satu yaitu Kecamatan Cigugur, ke dua Kecamatan  Luragung dan ketiga Kecamatan Cilimus. Untuk kategori B diatas nilai Rp. 4 Juta untuk juara pertama diaraih oleh kecamatan Lebakwangi, juara kedua Kecamatan Cigandamekar dan juara ke tiga Kecamatan Garawangi. Untuk kategori C diatas nilai Rp.2-4 juta juara pertama diaraih oleh kecamatan Mandirancan, juara dua diaraih oleh kecamatan Pancalang, juara tiga diaraih oleh kecamatan Cibeureum sedangkan untuk SKPD peringkat pertama diaraih oleh Samsat, peringkat kedua oleh Kantor DisdukCapil,  peringkat tiga oleh kantor BTPN, peringkat empat oleh Bank Jabar banten dan untuk peringkat ke lima oleh kantor pos & giro. sedangkan untuk juara umum masih seperti tahun lalu dipegang oleh kecamatan Ciawigebang
Hj. Utje Ch Suganda, Sos selaku ketua Palang Merah Indonesia kabupaten Kuningan dalam sambutannya mengungkapkan tujuan dari  Bulan dana PMI dimaksudkan untuk memotivasi segenap lapisan masyarakat melalui PMI, menanamkan rasa kasih saying dan kesadaran bahwa setiap individu saling menolong, serta memberikan pendidikan khususnya kepada generasi muda agar dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannnya dalam menghimpun dana untuk PMI. “ saat ini pelaksanaan bulan dana PMI 2010 tersebut sudah berakhir dan pengurus PMI kabupaten Kuningan melaporkan hasilnya sebagai bentuk pertanggungjawaban, dengan prosentase 80 % meningkat dari tahun 2009” tambahnya.
Hj. Utje Ch. Suganda juga memaparkan bahwa pengunaan bulan dana PMI meliputi : sumbangan wajib bulan dana ke PMI Jawa Barat 10 % dari pendapatan keseluruhan, kesiap siagaan bencana alam, bantuan sosial baik di wilayah kabupaten maupun di Luar Kabupaten Kuningan sesuai 7 prinsif dasar palang merah internasional, untuk biaya operasional PMI Kabupaten Kuningan, pembinaan KSR/TSR/PMR seperti mengikuti kegiatan Jumbara TK provinsi dan tingkat Nasional,  pelatihan-pelatihan kepalang merahan dalam rangka meningkatkan SDM, perawatan Kantor, ATK, dan gaji Pegawai PMI, mengirimkan relawan ke lokasi bencana seperti ke Dayeuh Kolot Ciwidey Bandung selatan,  Pembinaan PMR ke sekolah-sekolah sesuai tingkatannya, mengirimkan pelatihan KSR tingkat Provinsi Jawa Barat, mengirimkan petugas pertolongan pertama (PP) pada setiap even yang mengerahkan banyak massa. “ selain itu, saya pun ingin menginformasikan bahwa PMI kabupaten Kuningan selain melaksanakan bulan dana juga turut serta dalam penanggulangan bencana alam, melaksanakan pelayanan kesehatan dan transfusi darah, melakukan pembinaan terhadap generasi muda dan relawa, merekrut anggota KSR, TSR dan PMR serta sosialisasi baik langsung atau media masa, juga andanya balai pengobatan siaga yang melayani masyarakat umum maupun peserta Jamkesmas” tambahnya.
Hj. Utje Ch Suganda selaku Ketua PMI Kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia bulan dana PMI 2010 dan semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada PMI untuk mengelola hasil pengumpulan bulan dana.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberadaan PMI Kabupaten Kuningan sangat membantu masyarakat terutama ketika terjadi bencana ” dalam rangka mencermati berbagai musibah dan bencana baik di Kabupaten Kuningan, PMI Kabupaten Kuningan memiliki p-eran yang tidak kecil baik dalam melakukan penggalangan dana maupun memberikan bantuan kepada korban bencana, untuk itu saya harapkan keterlibatan unsur masyarakat semakin diperluas agar gema bulan dana PMI dapat tersosialisasi lebih awal, sehingga hasil yang diperoleh dalam pengumpulan dana mampu ditingkatkan jumlahnya,  selain itu PMI juga perlu mencari kiat atau terobosan baru dalam pengumpulan dan misalnya dengan melibatkan PNS yang ada di Kabupaten kuningan, Para Pengusaha dan tokoh masyarakat  “. Kata Bupati Kuningan.

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: