Navigation

Hj. Utje Ch. Suganda Resmikan Gedung TK. Dahlia Desa Cidahu





Pendidikan merupakan langkah awal untuk membuat perubahan pada suatu bangsa. Namun, hal ini tidak bisa lepas juga dari peranan sebuah desa yang memiliki kepedulian akan pendidikan. Rasa kepedulian ini begitu tampak di Desa Cidahu, Kecamatan Pasawah, karena dalam lokasi yang sama telah berdiri gedung sekolah mulai SD, MTS dan MI. Dan yang lebih menarik lagi disini berdiri Gedung Taman Kanak-Kanak (TK), dimana persemiannya dilakukan, Kamis (20/1), oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos. sekaligus selaku Pembina Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kuningan.

Adanya pendidikan sekolah TK  ini, dikatakan Kepala Desa Cidahu Dudung Abdul Wahab sudah mulai sejak lama atas dasar kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan pendidikan, mulanya bertempat di Balai Desa, ke Gedung SD lalu di Rumah Dinas Penjaga. Setelah melewati waktu yang panjang akhirnya memiliki gedung sendiri yang mulai di bangun bulan Nopember hingga 31 Desember 2010.

Kaitan dengan biaya pembangunan, Kepala Desa Cidahu menyebutkan, bahwa biaya  ini berasal dari bantuan Depdiknas sebesar 80 juta, dana Shering TK  sebesar 8 juta dan swadaya masyarakat 31 juta. Tetapi masih diperlukan juga gedung perpustakaan. “Sampai sekarang jumlah peserta didik untuk TK sebanyak 48 dan PAUD 16 anak,”sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Hj. Utje Ch. Suganda, menuturkan, adanya kepedulian masyarakat Desa Cidahu ini, terutama berkaitan dengan berdirnya gedung TK Dahlia merupakan langkah awal untuk memajukan desanya sekaligus kabupaten dan lebih luas lagi.

“Karena melalui pendidikan ini akan tercipta sumber daya manusia yang mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik. Bahkan berharap kedepannya akan terlahir para pemimpin bangsa yang dapat sejajar dengan bangsa-bangsa maju di dunia,”ungkapnya semangat.

Namun, Dia juga mengingatkan, dalam perjalananya tunas-tunas baru ini tidak hanya memiliki kemapuan lulusan dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi saja. Melainkan diimbangi juga pemahaman nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, etika kepribadian dan estetika.

Dijelaskannya, dalam konteks pembangunan TK berikut PAUD ini dipandang srategis  dalam rangka meningkatkan kualitas SDM masyarakat, khususnya anak-anak  usia dini, karena generasi muda  yang sehat serta berkualitas akan menjadi tulang punggung pembangunan bangsa kedepan.

Pada usia dini proses pendidikan moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional kemandirian akan mudah ditanamkan. Disamping itu pembentukan dan pengembangan kemampuan dasar berbahasa, motorik, dan seni yang dikemas dalam program bermain sambil belajar akan membentuk kecerdasan majemuk anak. Mulai kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

“Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berahlak mulia berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Dan juga mandiri serta menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Dalam acara peresmian gedung TK Dahlia ini, turut hadir Camat Pasawahan, unsur Muspika, UPTD Pendidikan Kec. Pasawahan, Tokoh masyarakat, pengurus GOPTKI Kecamatan, dan lainnya.




Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: