Navigation

CPNSD 2010 Tanam Pohon di Hutan Kota Bungkirit




Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam kerangka Kabupaten konservasi terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. Bahkan saat ini sudah menjadi agenda rutin setiap Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD)   di Kabupaten Kuningan melakukan penanaman pohon yang dikenal dengan Aparat Peduli Lingkungan (Apel). Minggu (13/2), CPNSD formasi 2010 melakukan kegiatan penanaman pohon dan pelepasan burung di Hutan Kota Bungkirit Kel. Cigugur.

Saat ini pembangunan Hutan Kota Bungkirit sudah bisa dinikmati karena fasilitas sudah tersedia,  di lokasi ini Kepala BKD Kabupaten Kuningan melalui Sekretrais Badan Drs. Dudi Budiana, M.Si. menuturkan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya apratur pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dan juga meningkatkan upaya rehabilitasi lahan kritis, reklamasi lahan dan konservasi, serta optimalisai pendayagunaan sumber daya alam.

“Sasaran program ini adalah para CPNSD formasi 2010 dari pelamar umum sebanyak 185 orang, yang terdiri dari tenaga guru 85 orang, tenaga medis 44 orang dan 46 orang tenaga medis. Dengan kegiatan berupa penanaman pohon dan pelepasan burung,”ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mengatakan, bahwa kita sebagai aparatur sebelum melaksanakan tugas, terlebih dahulu harus mengatahui program-praogram Pemkab Kuningan  yang sudah, sedang dan akan dijalankan. Sehingga hal ini akan memudahkan dalam menjalnkan kerja.

Untuk program lingkungan, Bupati Aang menyebutkan, saat ini Kuningan  sedang menata lingkungan dengan meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam kerangka Kabupaten Konsevasi dengan orntasi pada perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari.

Melalui kegiatan ini diahrapakan, dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, bertambahnya dan terpeliharanya ruang terbuka hijau secara partisipatif, berkurangnya ruang lahan kritis dan terpelihranya potensi sumber daya hutan. Sekaligus meningkatkan pengendalian pemanfaatan usaha pertambangan yang berwasasan lingkungan.

Bahakan kegiatan ini sudah menjadi perhatian berbagai pihak, mulai dari pengantin peduli lingkungan (Pepeling), Siswa Peduli Lingkungan (Seruling), Aparat Peduli Lingkungan (Apel). Tak lepas juga pihak swasta yang turut menanam pohon.

Ditegaskan Bupati Kuningan, kita semua harus cinta lingkungan terlebih lagi kita sebagai warga Kuningan yang memiliki alam yang indah dan sejuk serta berlimpahnya air. Jika bukan kita siapa lagi. Penanaman ini tidak akan dirasakan langsung, namun dalam kurun waktu beberapa tahun akan dirasakan manfaatnya tidak hanya kita melainkan genarasi yang akan datang juga.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kuningan juga mengungkapkan kepada CPNSD agar dalam menjalan kerjanya tidak menjadi pemalas dan asal-asalan,tetapi  harus disiplin,  memiliki inesiatif dan memiliki komitmen untuk semangat bekerja yang dampaknya akan memajukan kuningan. Dan jangan lupa juga untuk mensosialisasikan pentingnya lingkungan.

“Untuk tenaga  guru yang ditempatkan dimana pun harus siap. Karena bagaimana pun pendidikan harus merata baik di kota maupun di pedesaan. Dan kepada selurus CPSD diharapakan serius dalam menjalan kerjanya,”

Usai pengarahan, Bupati Kuningan didampingi Ketua PKK Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda beserta anak langsung melakukan penanaman. Kemudian diikuti peserta CPNSD, dimana mereka masing-masing melakukan penanaman. Untuk kegiatan ini panitia menyediakan sebanyak 200 pohon dan tempatnya sudah disediakan. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: